*

Puasa Sunnah Syawwal - 3
*
*Tanya:

*Assalamualaikum Wr. Wb.

Tanya(1):
Saya ada pertanyaan, mohon penjelasannya. Apakah seseorang yang ingin
menjalankan ibadah puasa Syawal harus mengganti puasa Ramadhannya terlebih
dahulu? Terima kasih...

Tanya(2):
Bagaimana kalau kita udah terlanjur niat puasa Syawal (3 hari), tapi saya
belum meng-qadha' puasa Ramadhan. Apakah puasa syawal saya batal atau 3 hari
puasa itu jadi buat mengqadha puasa Ramadhan? Mohon penjelasannya.

Karena ketika saya tanya seorang teman karena Syawal hanya sebulan maka dia
kira kita bisa mengqadha puasa Ramadhan di bulan berikutnya dengan kata lain
kita mendahulukan puasa Syawal. Saya puasanya 10 hari terakhir syawal.
Terima kasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
*Gta-Batam*

*Jawab:*

Mengqadha' Ramadhan sebaiknya memang secepatnya dilakukan begitu usai hari
raya. Namun itu tidak merupakan syarat sahnya puasa Syawal. Sehingga
misalnya Anda mendahulukan puasa Syawal, baik sengaja atau tidak, itu tetap
saja sah. Hanya saja Anda tidak melaksanakan keutamaan (afdhaliyyah).

Begitu juga jika Anda telah melakukan 3 hari puasa Syawal, maka itu tetap
menjadi puasa Syawal, tidak berubah menjadi qadha'. Wallahua'lam bisshawaab.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
*Arif Hidayat*

Kirim email ke