  From: qismee2001
  To: keluarga-sejahtera@yahoogroups.com
  Sent: Thursday, August 05, 2010 12:28 PM
  Subject: [keluarga-sejahtera] Re: ngemis dari santri...??

  Tapi itu berlaku kalau di perempatan jalan protokol. Kalau caranya datang
dari rumah ke rumah, kayaknya baik pengemis maupun pemberi sedekah gak ada rasa
was-was..:)

  Btw, saya sih menganggap pengemis itu sebagai penghibur diri. Menganggap saya
tuh akrab sama Gusti Allah. Sebab saya beranggapan Gusti Allah bisa "hadir"
dalam bentuk apapun, bisa dalam bentuk pengemis, bisa dalam bentuk permohonan
tetangga yang kesulitan, bisa dalam bentuk kesulitan si yatim yang gak bisa
sekolah, dll.

  Anggapan pribadi ini muncul karena merasa ibadah vertikal saya gak bagus. Nah
supaya dianggap deket sama Beliau, ya saya "sapa" Beliau dengan cara memberi
bantuan sebatas kemampuan kepada yang membutuhkan.

  Sufistik? Ah ini sih sebetulnya jurus "ngeles" bagi yang malas ibadah macam
saya ini... :) :)

  http://www.eset.com