Donny B.U. writes:
> Penyebaran Internet di Indonesia efektif dimulai pada tahun 1996 dengan

Donny, saya sudah mulai pakai tahun 1995, ini catatan saya.

Suatu hari dipertengahan bulan Maret 1995 tiba-tiba ada telepon dari Alwin
Sadikin (Franky) yang menawarkan untuk mencoba internet dengan user-id:
GEMBALA, passwordnya juga diberikan. Dia sudah bayar uang pangkal Rp.
50.000,--. dan iuran Rp. 40.000,--. per bulan. Disuruh mencoba dengan gratis
siapa yang tidak mau? Disket program yang bernama INDOCOMM berikut fotocopy
brosur juga diberikan. Maka mulailah petualangan baru di dalam komputer.
Kebetulan punya kartu nama Dr. Ed van den Berg di Netherlands lengkap dengan
E-mail: [EMAIL PROTECTED] Iseng-iseng kirim surat kepadanya. Esok hari
jawaban sudah ada di komputer saya.
 ------
Bambang Gunawan
[EMAIL PROTECTED], http://bg.penabur.org