On Sun, Dec 16, 2001 at 07:22:29PM +0700, dody suria wijaya wrote:
> hemm. gue kurang ngerti hasil tcpdumpnya, bisa dijelaskan "cerita"-nya?

Tidak ada reply dari ns1.indosat.net.id, nmap bisa tahu kalau ada
yang listen di port 53 udp, dan nmap benar!

> Trus antara handshaking dan connectionless, nih gue contek dari
> bukunya Andrew Tanenbaum:
>
> UDP is a connectionless-oriented transport protocol!

Lah dari sejak awal saya sudah bilang kalau UDP memang
connectionless, tapi kalau tidak ada 'handshaking' ya jelas salah.
UDP itu well defined PROTOCOL. Kalau dibilang tidak ada 'handshaking'
seperti yang terdapat pada TCP, ya memang benar tidak ada. Seharusnya
dibilang tidak ada 'tcp handshaking', karena memang bukan tcp.
Gampangnya, kalau sama sekali tidak 'handshaking' artinya tidak ada
juga spesifikasi bagaimana paket harus dikirim dan diterima. Kalau
sudah begitu, ya berarti bukan protokol namanya.

Protokol UDP bisa dibaca di:

        http://www.faqs.org/rfcs/rfc768.html

Salam,

P.Y. Adi Prasaja