On Thu, Dec 20, 2001 at 04:15:44AM -0700, Dapid Candra wrote:

> Kalo liat di web site-nya reiserfs malah speednya nggak secepat
> ext2. Positifnya aku rasa sih karena nggak perlu lagi fsck (self
> repairing).
>
> Kalo pake ext2, kalau server crash pas lagi ada proses yang
> nulis ke HD bisa ada lost cluster. Hasilnya kalau server di
> restart, nanti di minta masukin root password untuk jalanin fsck
> secara manual, baru bisa jalan normal lagi. Bukan masalah
> apabila servernya di kamar sendiri, nggak di seberang laut. Tapi
> jadi masalah besar kalau server di taruh di lokasi di luar kota
> misalnya.

> [...]

Lebih tepat lagi, servernya dipakai untuk apa ?
Kalau untuk mail server sih saya belum begitu berani pakai reiserfs
mengingat masalah yang belum lama ini diketemukan antara postfix dengan
reiserfs pada load tinggi.

BTW server nya bisa crash itu kenapa dulu ? kalau karena listrik sering
mati, mah mending usulin pindah data center saja .... gimana bisa data
center listrik sering mati ? (seperti di gedung telkom itu ;( )