On Wed, Jan 16, 2002 at 04:32:35AM -0800, Adam Pamma wrote:
> di tempat saya ada satu Msexchange tapi Lisence nya
> hanya satu domain sementara di kantor saya punya
> banyak domain. Maka diinginkan supaya sendmail
> mengambil dan mengirim langsung email ke internet, dan
> msexcange tersebut hanya melayani email yang ada di
> bawah domainnya.

Apakah user tiap-tiap domain sama?
[EMAIL PROTECTED] = [EMAIL PROTECTED]?

Kalau ya, asumsi:
- domain-a.com dihandle exchange
- mx untuk semua domain dihandle oleh sendmail
- user sama untuk semua domain

/etc/mail/virtusertable:
@domain-b.com   [EMAIL PROTECTED]
@domain-c.com   [EMAIL PROTECTED]
@domain-d.com   [EMAIL PROTECTED]

/etc/mail/mailertable:
domain-a.com    esmtp:[mail.domain-a.com]

/etc/mail/local-host-names:
domain-b.com
domain-c.com
domain-d.com

juga bisa tambahkan:
/etc/mail/relay-domains
domain-a.com

bisa juga semua dijadikan virtual (local), yang jelas
pastikan dns 'beres'.

informasi mengenai sendmail: http://www.sendmail.org
informasi mengenai ms-exchange: http://www.microsoft.com

Good luck! ;-)