Hello all
> Berarti, HIT-nya 60-70% yah?
> Ini udah bagus koq.

30-40% error :-( Bisa ditunjukkan kemungkinan sebab2x-nya??

> Coba amati access.log, atau laporan calamaris, apakah ada yang aneh.
> Misalnya, terlalu sering "parent/sibling/peer dead", atau
> "parent/sibling/peer timeout". Lihat juga angka "timeout direct".

ada laporan timeout first up parent = 38 sec = 0.03 %, apakah ini yg
dimaksud?

> Selain itu, coba lihat juga kebiasaan user.
> Kalau banyak pake ssl atau query, squid memang lebih suka direct daripada
> parent.
> Toh objeknya tidak di-cache :-)

Anda bisa jadi benar, soalnya user kita sering pake 1rstwap, mail yahoo, dst
:-) Berdasar parser, POST action ada sekitar  18.27% dari total metode2x
transaksi, apakah bisa ditarik kesimpulan dari data ini??

BTW, apakah memperbesar cache akan mengurangi problem?? Atau saya juga harus
compile ulang squid agar menggunakan metode storage cache yg lain?? Setahu
saya, defaultnya memakai algoritma LRU (Least Recently Used), apakah ada yg
lebih efektif dan efisien??

regards

Mulyadi