> Saya tidak tahu soal broadband (ok, belum :-)
> Barangkali hal yang membikin agak pusing kalau ISP hanya
> kasih 1 ip sebagai default route.
> Mungkin solusi yang lebih 'dekat' adalah dengan menggunakan
> teknik bonding. Tapi ya itu, 'peer' harus support/memberikan
> service bonding juga.

betulll....ini susahnya si 'bonding' (bandwidth on demand interoperability
group), beliau bekerja pada layer 2 model osi....jadi kedua sisi kudu idem
mendukung bonding.
trus data yg mengalir kagak bisa diapa-apain lagi...(nga bisa di distribusi
berdasarkan ip, paling juga mac address atau device sejenis di layer
2...itupun alirannya ga bisa dikontrollll...makanya bonding ama equalizer
sering disebut serial line load balancing/primitive load balancing)
kalo uda urusan sama IP, uda pasti bonding sendirian ngak akan bisa (mesti
diakalin dng tambahin iproute2 mungkin)
contohnya: "modem teaming"....ini tanpa konfigurasi 2 sisi, hanya salah satu
(kagak tau yg dimodifikasi apanya)

contoh lain layer 2=ISDN  2kanal...
dan memang paling sulit utk membentuk fungsi ini scr independen (without
end-to-end configuration)

ini saya quote mail archive dari linux-setup
Wednesday, March 13, 2002 11:08 AM
Subject: Re: [setup] Multilink
=================================
> [...]
telepon),
> gak bisa ethernet. (ethernet pake bonding)
>
> tetapi semua fungsi tsb (layer 2 OSI model), mengasumsikan kedua sisi
harus
> menggunakan teknologi yg sama, jadi kalo anda pake EQL ya seharusnya isp
nya
> juga support lah paling nga....dan dng ini harusnya cuman bisa menggunakan
> ISP yg sama (=1 ISP).
>
> kecuali ada proyek yg meng'oprek' fungsi routing dan sedikit modifikasi...
> kamu bisa cari mail-archive (linux-admin) terdahulu dng subject:
menggabung

> BTW, ini pertanyaan dari newbie.

saya juga masih linux fans club.... hehehehe
jawabannya juga seharusnya masih 'ijo'.. :-).

> Thanks.
> Salam,
> P.Y. Adi Prasaja

thanks juga,