On Fri, Apr 04, 2003 at 09:01:10AM +0700, Sobari Tanuwijaya wrote:
> Maksud lambatnya seperti yang saya deskripsikan di pertanyaan saya,
> seringkali tidak complete saat browse ke suatu site (misalnya ke
> detik.com), padahal menggunakan cara yang sama (dial up ke dari dan
> ke tempat yang sama ) dengan w2k, koneksinya jauh lebih cepat dan
> tidak pernah mengalami uncomplete saat konek ke suatu web site,

coba di /etc/ppp/options pakai:

mtu 576
mru 296

biasanya setting mtu akan ditimpa oleh setting server (digunakan
yang paling kecil (misal, cbn pakai 296, saya set ke 1500 ya
tetep balik ke 296). barangkali anda bisa menaikkan nilai
mru, begitu connected (jalankan ifconfig). kalau di tempat saya,
karena toh cbn pakai mtu 296, ya sudah lah, punya saya biarlah
seperti itu. kemudian,

echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward # ini pasti sudah
echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_dynaddr # kalau dial-up, atau
                                       # ip dinamik, mungkin
                                       # juga sudah :-)

menulis langsung ke procfs (pakai echo) seperti di atas itu
sudah kuno, kerjaan linuxer jaman dulu, sebelum linus torvalds
lahir (j/k). coba pakai sysctl.

mudah-mudahan bisa kenceng sekarang internetnya. kalau sudah kenceng,
hati-hati kalau misal mereply email ini, jangan sampai belum selesai
diketik sudah terkirim he..he..

Salam,

P.Y. Adi Prasaja