Terima kasih atas penjelasannya...

3. Dikantor aku terkoneksi ke internet menggunakan SMC
router dan berhasil ping ke IP SMC Router (192.168.0.1)
tetapi ketika aku ping ke IP yang diperoleh oleh SMC
router saat dial up, muncul error network unrecheable,
apa masalahnya ???

 maksud nya dari ip public mau nge ping ke ip local ?
Bukan...
LAN dikantorku khan pake private IP (192.168.0.xxx) dengan koneksi ke
internet pakai dialup (pakai SMC Router).
setelah smc router terkoneksi ke internet dengan memperoleh ip publik
(dinamis), saya coba ping ke ip publik dinamis tersebut dari notebook Redhat
dan muncul pesan error network unreacheable....(kurang lebih tidak bisa
terkoneksi). Gimana mengatasinya Pak...

Terima kasih...

regards
andrean