Yanurmal wrote:
> Dear Admin,
> Saya baru install qmail, sewaktu saya coba test dengan 'open relay
> checker'
> ternyata qmail saya open relay.
> Padahal pada tcp.smtp hanya IP saya aja dan rcpthosts nyapun domain saya
> aja

kalau memang sudah yakin hanya ip mu saja, berarti Yakinlah!
berarti state ini sudah benar, lalu apakah kamu yakin kalau si open-relay
checker itu benar ? Kalau saya sih gak yakin (:
Sebab saya yakin kalau dicek secara manual dengan menggunakan telnet dari
network luar..

> dan sewaktu saya coba telnet ke smtp saya dari luar udah nggak dapat
> respon.
> Tapi kok masih open relay ya?

Gak dapat respon dalam artian ?
Mending kamu kasih tau saja ip mu yg mau ditest ke milis ini, biar dicek
sama rekan-rekan milis, lebih efektif bukan ?

> Ada yang ngalami? atau yang tau cara solve masalah ini mohon sharingnya.
> Link nya juga boleh.
> Thx

kalau merasa sudah benar, tetapi koq masih open juga, coba cek firewall
iptables atau ipchains yg anda/kamu pake (:

Sebab bisa jadi dari sanalah penyebabnya. Seperti halnya Squid-Proxy
Server. Kesalahan di firewall bisa menyebabkan squid open dan bisa diakses
dari mana saja, walaupun ACL sudah benar.

Regards,
Rio Martin.