On Sat, May 31, 2003 at 12:13:40PM +0700, Yanurmal wrote:
> Saya coba mailserver yang lain yang pake Postfix dan Sendmail hasilnya tidak
> open relay sama sekali.

untuk qmail (default), informasi yang ada di envelope sender
(MAIL FROM) tidak berpengaruh, palingan tidak bisa nge-bounce.

> -> RCPT TO: <[EMAIL PROTECTED]>

saya sebut saja bagian sebelum '@' paling kanan dengan LOCAL,
sedang rhs saya sebut DOMAIN. perintah RCPT TO di atas akan
menyebabkan mail dikirim ke:

LOCAL = "nobody%msv.dk"
DOMAIN = "domain-saya.com"

karena domain-saya.com masuk ke rcpthosts, maka pesan akan
diterima. sekarang tergantung isi dari locals dan virtualdomains,
apakah domain-saya.com masuk di situ? misal masuk ke locals,
mail tsb. akan bounce kalau user "nobody%msv.dk" (note: itu
satu string penuh) tidak ada. hal yang sama berlaku juga
untuk virtualdomains, hanya saja akan ada tambahan prefix.
barangkali jadi masalah kalau:

ada smtproutes ke 'domain-saya.com', atau ada .qmail-default
di 'alias' yang memforward mail ke mesin lain. tergantung
pada interpretasi yang dilakukan di mesin lain selanjutnya.
misal saja, mesin lain tersebut memasukkan ip mesin qmail
ke daftar authorized IPs yang boleh merelay.

umumnya, domain-saya.com masuk ke locals, dan user "nobody%msv.dk"
non exist -> jadi qmail anda sebenarnya tidak open relay.

> -> RCPT TO: <"nobody%msv.dk">

interpretasi qmail agak ngaco kalau dapat address seperti ini :-)
coba lihat mail queue anda. tapi ini pasti undeliverable ->
jadi qmail anda sebenarnya tidak open relay.

> -> RCPT TO: <[EMAIL PROTECTED]@domain-saya.com>

sama seperti <[EMAIL PROTECTED]

Di tempat saya, domain-saya.com masuk ke locals, bila saya
pakai envelope yang bisa benar-benar terima email (valid),
maka saya dapat seperti ini:

<[EMAIL PROTECTED]>:
Sorry, no mailbox here by that name. (#5.1.1)

<[EMAIL PROTECTED]@domain-saya.com>:
Sorry, no mailbox here by that name. (#5.1.1)

anda juga bisa melihat pesan ini di log qmail anda kalau mau.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja