Original Message:
-----------------
From:  [EMAIL PROTECTED]

>bisa juga ... ;-)
>tp pertanyaannya kan rekan kita itu ngga ngeliat ada yg ngakses & dia
>liatnya di access_log, jadi knapa kita malah mengarahkan ke netstat (?),
>bukan ke permasalahannya ??

access_log kosong, kita harus periksa apakah memang ada yg konek atau tidak
dengan netstat -an. Kalau ada yg konek dan ESTABLISHED berarti di
squid.conf nya opsi cache_log dimatikan. Kalau tidak ya  berarti harus
dicek transparent proxynya sudah betul atau belum.
Begitu maksudnya ..

>dgn port yg berbeda (?) & pake IP alias, kenapa ngga bisa ?? dulu saya
>pernah install dgn mesin slackware (2.2.19, IPCHAINS), satu lagi dgn mesin
>FreeBSD (IPFW & redirect port) & berhasil,tp mesin itu skrg sdh pake 2
>interface skrg ini, maap saya lupa lagi rulenya...lagipula kalo saya baca
>thread-nya,kayaknya rekan kita itu sdh berhasil,jadi kayaknya ngga terlalu

threadnya diganti deh, sekarang saya yang bertanya ..
saya pake sistem seperti ini:

eth0   202.154.42.1 (255.255.255.192)
eth0:0 192.168.1.1  (255.255.255.0)

webserver running di 202.154.42.1 port 80
squid running di 192.168.1.1 port 8080

oke jadi bagaimana cara transparent proxy nya supaya access dari client
intranet ditransparent-proxy ke squid dan dari luar tetap bisa akses ke
webserver yang berada di ip public tersebut.

saya pernah coba dan gagal. Request ke webserver cuma bisa dari dalam
intranet saja, dari luar (internet) gak bisa dan ada muncul pesan Access
Denied dari squid.

Mohon solusinya kalau memang dengan sistem ini bisa .. (:

Regards,
Rio Martin.