On Tue, Jul 01, 2003 at 01:15:26AM +0700, Mpu Gondrong wrote:
> Yg belum jelas adl, subnet tsb bagaimana susunannya ? Apakah bocor di
> sini artinya paket LAN internal bisa nyelonong ke Internet ?
> Tentu yg saya bicarakan adl network model ethernet (spt
> cablemodem), bukan yg Point-to-Point.

nah itu dia :-) sekarang berarti sepakat. saya ingin melihat
contoh 'kebocoran' paket ini pada situasi internet dengan TV
kabel dan/atau WLAN.

> Bila subnet yg dimaksud adl 2 subnet dlm 1 hub, jelas paket akan bocor
> antar subnet. Sudah coba sniffer ettercap ? Ketika mulai ettercap akan
> menghujani seluruh network dgn ARP broadcast yg me-redirect semua IP
> ke alamatnya.

tidak semua, hanya yang memiliki subnet yang sama dengan komputer
lokal (tes di switched lan). ARP broadcast itu unrouteable, kalau
sampai bisa memberikan arp request dan mendapat jawaban dari
luar subnet, itu merupakan kesalahan. threat model yang diterapkan
dalam interkoneksi menggunakan HUB, caranya dengan menggunakan/
mengubah ke ip subnet yang sama (cari yang kosong kalau belum dapat,
atau takut ketahuan ip asli), baru menjalankan sniffer biasa (tidak
harus arp based sniffer macam ettercap) atau melakukan yang lain.

> Yah, nasib ini gak jauh beda. Soalnya kasus 2 subnet dlm 1 hub (yg
> beranak-pinak) dulu juga pernah saya alami. :-)

bisa saja saya totally lost di sini, karena sudah lama tidak pakai
hub :-) hitung-hitung buat penyegaran lah hi..hi..

Salam,

P.Y. Adi Prasaja