On Wed, 24 Sep 2003 11:39:04 +0800, "Freddi Hamdani"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote :

> Hi All,
>
> Saya baru belajar linux and mencoba mengkonfigurasi BIND dan saya ada
> beberapa pertanyaan nih tentang BIND 9. Berikut pertanyaan saya:
>
> 1. Saya install BIND sewaktu saya install RH 9 tapi ternyata tidak ada file
> named.conf yang ada named.custom setelah saya cari tahu di redhat.com
> ternyata saya harus menjalankan redhat-config-bind, saya mendapat masalah
> karena server saya berada di colocation and hanya dapat di remote
> menggunakan ssh. Apakah ada alternatif command yang bisa dalam text base?

memang defaultnya gak ada file /etc/named.conf tapi kamu bisa buat sendiri kok
atau dari example yang ada di manual. Atau kalu gak bisa juga  kamu Install aja
paket " caching-nameserver " maka nanti akan dibuat file /etc/named.conf dan
selanjutnya tinggal di rekonfigurasi sesuai kebutuhan.

> 2. saya coba untuk mengkonfigure named.conf secara manual dan setelah itu
> saya mendapatkan error sewaktu menjalankan atau menstop services named.
>
> [EMAIL PROTECTED] root]# /etc/rc.d/init.d/named stop
> Stopping named: rndc: no key definition for name rndckey
> [  OK  ]

 Setelah saya cari info di google and redhat.com ini karena saya blom
> specified rndckey nya, tapi saya sudah coba untuk generate rndckeynya saya
> tetap mendapatkan error yang sama.
> Referensi saya :
> http://www.soapi.com/howto/bind.htm

sebenarnya rndc adalah utiliti / alat bantu yg bisa digunakan utk mengontrol
,memanage nameserver, kalo kesulitan utility ini tidak usah digunakan toh tanpa
rndc bisa berfungsi nameservernya.