Dear All,

Kemarin saya sempat baca2 tentang "What is bridge?" di LDP. Yang saya tangkap bahwa
bridge itu bertujuan untuk menjembatani 2 network yang berbeda, eg. network yg berisi
komputer2 MAC n network yang berisi komputer2 Linux. Jika tanpa bridge, maka traffic
network akan padat karena kedua network tsb cukup "aktif".
Dengan adanya bridge, maka komunikasi di dalam network tidak akan keluar ke network
lain, kecuali jika memang tujuannya keluar.
Hanya itukah kegunaan bridge?

Jika komputer yang seharusnya dipasangi "bridge", saya ganti dengan "router" atau
"firewall", apakah fungsi bridge bisa digantikan? Jika ya, buat apa pakai bridge lagi?
Jika tidak, apakah itu berarti, jika komputer yg mempunyai 2 NIC untuk menghubungkan 2
network dan sebagai router/firewall, harus diinstall bridge selain firewall?

TIA.

--
Denni Pidono