On Rab, 2003-10-22 at 08:59, Rio Martin wrote:

> jay .. kalau butuh ASN dan kita bukan ISP apakah memang bisa ?

jika punya network (alokasi IP) dan hendak multihoming (dual peering ke
internet) bisa minta ASN ke APNIC

> lalu si zebra bisa diset sebagai BGP dan OSPF. Nah gue disini pengen
> implementasi kecil - kecilan akan hal tsb. Bisa kasih saran atau ide mengenai
> topologi minimumnya ?

untuk OSPF minimal dua router menjalankan zebra dan ospfd, makin banyak
makin lebih baik (parameter bakal nambah)

untuk BGP nggak punya ide, tapi kayaknya bisa kalau sekedar percobaaan
pake 2 - 3 router seperti di manual bgp

> kayaknya bisa mudah bisa juga susah nih (:

yang rumit sih misalnya implement bgp router iix (di iix, bukan di
ispnya) karena banyak interfacenya, parameternya, aturan, filtering dsb
yang harus dipasang di konfigurasi bgpnya

kalau sekedar dual-homing (misal link1 ke internet, link2 ke iix)
paling-paling masang filter network yang diterima dari iix tidak
diadvertasi ke internet, begitu pula sebaliknya

kasus problemnya lebih sering di network lawan, misal tahun lalu
kurusetra sering problem karena nggak dapat advertise networknya dari
iix, ya otomatis jalur pindah lewat internet sedangkan uplink network
sana kecil, jadi aja lemot

atau bocor routing, atau ISP yang advertise secara statik pas linknya
down ISP lain tetep maksa lewat iix (karena statik) nggak bisa otomatis
pindah ke jalur internet

--
Cars are fine, but apples don't have doors.