On Kam, 2003-10-23 at 00:40, -= avudz syah putra =- wrote:

> brarti, OSPF untuk network dengan skala kecil sedang BGP baik nya untuk
> network yang besar ? bener gitu ya pak admin kuh tercinta ? :)

kira-kira begitu
jika merefer ke dokumentasi kernel 2.2.x routing table yang besar itu
jika jumlah routing > 180
di kernel 2.2 lebih baik ditune support large routing dan optimize as
router, di kernel 2.4 optionnya ada di advance routing

> terus untuk ASN private itu gmana pak? perlu juga di minta ke APJII ato
> udah ada ASs sendiri buad eksperimen? mungkin sperti IP Private.

nggak, langsung aja pake kayak IP private
cuma alokasi nomernya yg nggak tahu

> nurut gw susah banget (: ini protokol routing nya kok banyak amat si pak
> jay.. susah juga kalo mo baca semua RFC nya :| apa harus di pili mana yang
> enak aja ya? kalo bole memili.. gw milih routed aja deh! hehehhe

routingnya sendiri sederhana, hanya network tujuan, netmask dan gateway
tapi karena jumlahnya banyak yang ribet ngaturnya, apalagi jika
berubah-ubah, makanya muncul protokol routing untuk menyederhanakan
pertukaran table routing antar router
pertama muncul RIPv1, RIPv2, lalu OSPF dan BGP

nah setelah pertukaran table routing terjadi sesuai konfigurasinya baru
daemon routing akan meng-inject menjadi kernel routing
kernel routing itu yang bisa dilihat dengan perintah "/sbin/route -n"
atau "/sbin/ip route"

kalau manual kan kita mengisinya seperti ini
# route add -net network.nya subnet.nya gw gateway.nya
atau menghapus
# route del -net network.nya subnet.nya

bayangkan kalau table routing ada 100 dan routernya ada 5 misalnya
selain gempor tangan kesalahan memasukkan routing bakal banyak terjadi

> psstt.. TOMMI GAK GITU DEEH !! :b

mau tahu aja urusan cewek!

> mm.. ada satu lagi, RIP itu lagi apa yak?? bukannya ia routing protocol
> juga? dan mengapa harus belajar bermacam macam protokol ya?
> kasian anak cucu gw yang nanti nya blajar komputer juga, skr aja udah
> banyak gini gimana nanti nya?...bisa botak baca RFC segitu tebal nya (:

RIP: Routing Information Protocol (ada versi 1 dan versi 2)
kelemahannya kalau nggak salah semua ukuran subnetmask harus sama
jadi kalau ada misalnya 20 subnet di 4 router, ke-20 subnet itu harus
punya ukuran subnetmask yang sama, misal 255.255.255.240 semuanya

lain dengan OSPF, konsep yang dipakai Classless Inter Domain Routing
(CIDR), bisa dicampur

sedangkan dalam BGP, subnet terkecil adalah 255.255.255.0 atau /24
dan umumnya network yang besar melakukan aggregasi supaya routing table
tidak terlalu bengkak

fyi, table routing hasil hasil pertukaran BGP di kernel bisa mencapai
120.000 routing, dan pertukaran routing di IIX sekitar 1100 routing

> btw, pak admin kuh tercintah, gw kesitu blajar bole ga? (:

hehe, paling-paling yg jaga jaringan minta sajen :)

> kayak nya dengan pralatan yg ada skr kurang mencukupi (: ato pikiran gw
> yang terlalu naif ya =)

buat OSPF bisa pake 2 atau 3 PC linux
tiap PC pasang zebra/ospf
tiap PC bikin interface alias yang banyak, seolah-olah di tiap PC
tersebut di belakangnya ada banyak subnet
nanti bisa dilihat seperti apa pertukaran routingnya itu terjadi

> nu lieur baca RFC..

ember!

--
If at first you do not succeed, blame your computer.