On Wed, Oct 22, 2003 at 11:32:50PM +0700, H. D. Lee wrote:
> bukankah mta non-modular juga memiliki masalah yang sama: harus mencoba
> semua MX, dan akibatnya mengalami delay yang sama? sorry for being
> dense, tapi saya mulai dapat melihat maksud Anda.

katakanlah exim (note: perilaku ini configurable), dia tinggal
membuat hint database, kalau proses X sedang mengirim ke hotmail.com.
semua mail ke hotmail akan dihandle oleh proses X. mulai dari scanning
queue dir, sampai resolve dns dilakukan dalam satu korpus program.
jadi lebih mudah dibanding MTA yang modular, di mana scheduler
merupakan program terpisah dengan smtp client yang benar-benar
melakukan remote deliveries. perlu diingat ini adalah keputusan
designer (developer) MTA ybs. kalau sekedar implementasi sih
saya percaya pasti bisa. saya yakin pernyataan berikut tidak
100% tepat, tapi boleh dibilang: mta monolitik sebenarnya tidak
punya (tidak perlu) scheduler.

> qmail tidak mempunyai fasilitas ini bukan karena perilakunya masih
> acceptable. Posting DS point 3.2.

saya juga tidak bilang begitu kan :-) menurut saya, tidak ada masalah
dengan yang ada sekarang ini. soal DS, menurut saya terlalu
positifisme, mengajukan alasan positif (dan mungkin benar) tapi
tidak ada hubungannya dengan masalah yang sedang dibahas :-)))
tapi, walaupun primary MX autoritatif, tapi tetap bisa sibuk
atau bahkan crash bukan? soal spam, itu soal administrivia.
kalau males ya bisa jadi gitu (backup mx diabuse spammer), kalau
bisa dibuat strict no problemo. Dan, sepertinya DS mengacaukan
antara pengertian mailserver backup dengan secondary MX. ingat
secondary MX bisa saja merupakan autoritative mailserver untuk
domain ybs! (bayangkan mail farm, red).

> eh? any URL for reference?

waduh .. sayangnya ini scattered di milis-milis MTA tsb.
saya tidak tahu keyword yang tepat, yang memudahkan pencarian
arsip.

> reliablity, security.
> simplicity, reliability.

janganlah jadikan itu sebagai menara gading ... kalau spec jelas,
sudah dari dulu-dulu ditulis oleh mereka (bapak-bapak pembuat
MTA). reliability, security, simplicity yang anda sebutkan itu
tetap bisa berlaku walaupun nanti exim, qmail dan postfix jadi
support DSN. karena reliability, security, simplicity itu melulu
soal MOTTO, sedang MTA adalah program yang harus ditulis, lebih
ke implementasi praktis/real, yang perlu keringat, biaya dll.
untuk hint saja, sorry kalau bombastis, kalau mau membuat
mta yang benar-benar reliabel, simpel dan secure caranya gampang:
jangan membuat MTA :-)

> lagi-lagi salah paham. ini bukan tentang hubungan satu file vs. banyak
> file terhadap reliability. tapi bagaimana upaya qmail untuk memberikan
> reliability.

justru itu. semua pembuat mta pasti ingin mta-nya reliabel.
kenyataan postfix bisa mencapai tingkat reliabilitas yang sama
dengan cara yang lebih efisien itu adalah fakta.

sesekali DJB menyebut soal zeroseek. walaupun 'vapourware' tapi
kalau ini benar diimplementasikan di qmail, barulah orang bisa
membandingkan kecepatan (tanpa mengesampingkan reliabilitas)
antara qmail vs postfix. kenyataan yang ada sekarang qmail K.O.

> lagipula, tidak ada yang menggunakan istilah synchronous write di
> "linux".

gini saja kalau gitu .. anda jelaskan maksud dari 'synchronous write',
sekaligus mencamkan di pikiran anda bahwa ini milis linux-admin.
bisa jadi kita pakai 'jargon' yang berbeda dan saya salah mengerti
dengan yang anda tulis.

> pada dasarnya benchmark dapat dibuat untuk menampilkan hasil sesuai
> dengan keinginan pembuat benchmark.

just another positivism :-) Saya kurang tertarik dengan motivasi
(bahkan saya tidak tertarik dengan kesimpulan pembuat benchmark),
saya hanya tertarik pada data dan hasil. kesimpulan bisa didiskusikan.

> boleh dijelaskan dari mana angka-angka ini? saya tidak mengerti,
> apa maksud 1000 msg/menit ~ 15000/hari pada titik itu.

upss sorry, kurang nol he..he..

1000 per menit = 60 * 24 = 1440000 ~ 1500000

> that's the point. ketika kebutuhan bertambah, single system dapat
> memenuhi kebutuhan, and more. patch ini diperlukan kalau kebutuhan
> tinggi, tapi menggunakan satu sistem.

itu meminimalkan risiko. anda akan paham kalau anda bekerja
untuk ISP. 1000 per menit itu kira-kira 16 msgs/s. kemungkinan
besar bottleneck adalah disk dan bandwidth. Tapi gini, point
saya: jangan mulai dulu dengan patch! lakukan dengan apa adanya,
kalau kurang baru dipatch. berapa load MTA anda sehari? anda
pakai patch ini?

> btw, apa yang Anda maksud dengan "red"? setau saya sih komentar
> redaksi..

benar :-)

Salam,

P.Y. Adi Prasaja