On Tue, Oct 14, 2003 at 10:49:31PM +0700, H. D. Lee wrote:
> tidak setuju. apakah saya harus perdebatkan dokumen qmail-bugs dengan
> cara saya sendiri? lalu kenapa Anda tidak kemukakan qmail-bugs versi
> Anda sendiri? Kadang antara dua hal kita bisa melihat baik buruknya, dan
> menyampaikan hal itu kepada orang lain, tanpa perlu memberikan pandangan
> kita sendiri.

kalau anda perhatikan benar-benar debat soal ini di milis qmail,
yang ada, hampir 90% tentang personality attack.

tapi dari pada mbulet, maksud saya gini: adopsi pendapat orang lain
itu jadi pendapat anda sendiri (tuliskan!) dan anda kemudian mem-
pertanggungjawabkannya. karena ini bukan soal howto. kalau anda
lempar ke arsip, make boleh dibilang anda mau cuci tangan.
kalau pendapat dave salah, anda bisa bilang: yang bilang kan dave,
bukan saya? he..he..

> oh mungkin saya mengerti sekarang. Saya punya pendapat sendiri: saya
> membaca dokumen qmail-bugs dan posting Dave, dan yang benar menurut
> hemat saya, adalah Dave. This is my opinion.

pendapat dave yang mana yang benar dan mengapa anda anggap benar.
tapi sebelumnya jawab dulu pertanyaan saya, biar tidak ngelantur
ke mana-mana: anda sudah benar-benar baca artikel matthias belum?
kalau belum baca lah dulu :-) nah .. kalau sudah baca, kalau ada
yang tidak benar, mana yang tidak benar. ingat kita di sini diminta
mengomentari artikel matthias, bukan diminta jadi komentator
milis qmail :-))

soalnya dari kemarin, yang dari anda isinya soal kepribadian,
motivasi, misi, visi dll. kita admin, kebanyakan, ndak butuh
topik itu.

> what are you trying to prove?

tidak ada toh? kan saya disuruh baca arsip. dan itu jawaban
saya.

> Salah tempat adalah suatu kesalahan.

salah tempat ... atau apalah .. TIDAK ada kaitannya dengan
qmail (bugs). sekali lagi, kalau anda tertarik membahas soal
sikap, motivasi lebih baik minta saja dibuatkan milis linux-sikap,
linux-motivasi, atau untuk di atas linux-salah-tempat :-)

> "M A" memang mengatakan begitu. Tapi ketika DJB mengatakan bahwa cara
> untuk menghindari memory exhaustion cara DJB adalah dengan softlimit, "M
> A" ngotot bahwa yang benar adalah Postfix way. Tapi "M A" ngotot, itu
> adalah bug qmail.

yang ditanyakan adalah artikel matthias, bukan debat matthias di
milis qmail, walaupun sebenarnya itu pun tidak bisa begitu saja
anda buat snapshot-nya seperti di atas. karena itu semua proses,
dengan diskusi orang bisa berubah, termasuk matthias, djb, saya,
anda.

> lalu, bagaimana cara saya menyampaikan kenyatan di atas tanpa terdengar
> menjelek-jelekkan?

ada 1 juta orang anda jelek-jelekan di seribu paragraf, saya tidak
perduli. asal, minimal ada 1 paragraf yang menyebutkan artikel
matthias mana yang salah :-)

ok kita sudahi saja ya membahas Si Matthias yang Malang. Kita
beralih langsung membahas artikel yang ditulisnya saja. Lebih
sip kayaknya.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja