gue bbrp hari yg lalu coba install Caldera 2.2, sekedar pengen tau
dan memuaskan penasaran atas berita mudahnya install 'mahluk' ini.
ternyata, 'sangat' mudah! gue quote, krn relatif dan memang masih
ada juga sisi 'sulit'-nya. secara umum, menarik, pertama boot install
disk, langsung GUI, autodetect semua peripheral kita, terus kita sampe
ke partitioning (di sini ada yg 'sulit' dan gue akan jelasin di bawah),
pilihan aplikasi yang mo diinstall juga sudah spt bundle, minimum,
server, workstation, complete (CMIIW), nggak ada custom spt RH, Debian,
SuSE, setting network, setting printer, dan terakhir kita disuruh maen
tetris sambil nungguin di ngopi ;),

On Thu, Jul 22, 1999 at 12:43:29PM +0700, Priyadi Iman Nurcahyo wrote:
 > ok, instalasi linux memang masih harus dipermudah, misalnya:
 > - cara ngepartisi harus diperbaiki (orang2 biasanya sudah lebih kenal
 >   konsep C: D: E: dst dibanding /usr, /home, /var dst)

ini salah satu kelemahan, nggak semua orang tau, untuk apa membagi2
mount point dan partitioning spt ini. mustinya ada keterangan yang
lebih jelas mengenai hal ini. bagi orang yang benar2 tidak mengenal
dunia *nix akan sangat resah dengan hal ini. repotnya bagian ini
sangat vital, kita salah nentukan besar partisi, dan mount point-nya
salah2 musti reinstall.

 > - banyak service yang harusnya secara default off, misalnya
 >   sendmail, named, httpd, dsb
 > (menurut pengalaman nyuruh newbie nginstall redhat 6.0)

sama, dr RH6.0, dengan default on (padahal sebenernya si user nggak perlu),
maka yang kejadian adalah performa-nya jadi tidak spt yang diharapkan,
dan akhirnya keluarlah kata2 "Linux lambat". nggak bisa disalahin, ini
memang musti di cari pemecahannya/cara ngatasinnya.

kesimpulannya, mudah atau susah sih relatif, tergantung banyak hal, tapi
yang paling berperan sebenarnya adalah knowledge si user sendiri, dan
kemauan dia untuk belajar dan baca dokumentasi yang tersedia. dan kita2
hrs berusaha terus cari cara mempermudah. yang paling kasat mata adalah
bikin dokumentasi yang mudah dimengerti. gue salut sama Flory dgn hp-nya
yang enak dibaca dan mudah dimengerti, mudah2an yg spt ini makin banyak,
terutama buat distro lain, spt SuSE, Debian, RedHat, dan Caldera (apa masih
perlu untuk barang 'mudah' ini? ;).

Best regards,
Andy
--