halo, saya mau nyumbang ide/saran/usul buat rekan-rekan...
1. Mengenail id-counter, apakah nggak mungkin source code-nya di publish
   biar kita bisa pelajari bareng-bareng (layaknya s/w open source). jadi
   kita bisa kasih ide sekaligus dengan kodenya atawa mencermati alur disain
   sehingga lebih efisien/bug free.

2. Untuk membuat distro sendiri, saya sarankan pelajari dulu distro ROCK Linux
   karena distro ini di distribusikan tidak dengan full binary tapi script
   untuk men-d/l source, kemudian compile, baru install. dari script ini kita
   bisa pelajari bagaimana membuat skeleton file system, paket/program yang
   dibutuhkan (minimal) untuk membuat system linux, dll. Saya sendiri mirror
   ROCK Linux ini (scriptnya doang) dan sedang berusaha membuat sendiri.

3. Mengenai proyek terjemahan, saya sedang mengerjakan untuk menerjemahkan
   Error message untuk SQUID. rencana selanjutnya belum ada.

salam

--
Yudhi Kusnanto ([EMAIL PROTECTED])
STMIK Akakom Yogyakarta