On Thu, 8 Apr 2004, Harry Sufehmi wrote:

> Kemarin ini say abaca (di milis ini?) katanya penggunaan komputer di
> daerah sebetulnya bisa digantikan dengan kalkulator dan mesin fax, apa
> ini betul ?
>
> Sorry saya orang awam soal ini, jadinya banyak bertanya.

Waktu saya nanganin komputerisasi PASI (lomba atletik), ada syarat bahwa
waktu kita memberikan hasil lari dari pelari, hasil lempar, dsb masuk ke
wartawan tidak boleh lebih dari 7 menit.  Dihitung dari pelari terakhir
masuk finish.

Saat itu jaringan komputer belum sebaik sekarang (era Ethernet awal), utk
mengatasi keterbatasan peralatan dan limit waktu itu, seringkali harus
diakali dg menggantikan "network" dan mahasiswa sebagai pelari beneran.
Dg kata lain data dientri, dan dibawa LARI ke tempat server.  Tentu saja
para pelari ini dapat "honor extra".

Jadi nggak penting sebetulnya, mo pakai komputer, mesin fax, leased line
atau "tukang ojek bawa CDROM" atau telepati. Yang penting tujuan
menyebarkan hasil tercapai dan HEMAT.

IMW