On Wed, 14 Nov 2007, PC Linux wrote:

> Ada dua cara untuk berbagi kenikmatan kepada orang lain :
> 1. Rajin mengirimkan tulisan ke media tentang nikmatnya Linux
>
> Cara 1 bisa dilakukan setiap aktivis Linux. Cukup berbekal pengalaman
> dengan Linux dan membagikannya ke media (yang penting mudah dicerna,
> menarik, dan jangan pakai command-line :).

Bagi saya, fasilitas command-line merupakan kenikmatan tersendiri dalam
aktifitas ber-linux (saya pake bash). saya berpikir interaksi menggunakan
command-line merupakan hal yang manusiawi karena kemampuan nalar sangat
dibutuhkan dalam mengekspresikan perintah kepada mesin. sesungguhnya
disini yang bekerja adalah otak/pikiran/imajinasi kita, sehingga kita
sudah tahu perintah itu akan dapat dilaksanakan oleh mesin (komputer).
namun sebaliknya apabila kita keliru memberi perintah, resikonya bisa
'fatal', yang paling ringan perintah tersebut tidak dapat dilaksanakan.

apalagi ditambah fasilitas command-line di Linux sangat *powerfull*
(padanannya apa ya?).

sementara, ketika bekerja dalam lingkungan grafis yang melulu
point-n-click, terkadang saya merasa seperti orang bodoh, karena tidak
mengetahui dengan pasti apa yang terjadi/dilakukan oleh mesin. saya hanya
bisa berharap komputer melakukannya dengan benar pada saat yang tepat
dalam keadaan yang sesuai dengan yang diasumsikan oleh pembuat program.
kalo ada masalah, belum tentu penyebabnya adalah kesalahan pemakai,
mungkin saja penyebabnya sesuatu yang menurut kita tidak ada hubunganya.
sering saya berpikir faktor teknis dalam menyelesaikan masalah komputer
cuma sekitar 10% saja, lainnya adalah faktor keberuntungan, apalagi kalo
sistemnya berbasis MSWindows.

tentu saja ada kegiatan tertentu yang lebih efektif dikerjakan dalam
lingkungan grafis, misalnya menggambar, manipulasi citra, dll.

intinya, bukan hal yang tabu menyampaikan kebahagiaan/kenikmatan kita
berkomputer menggunakan command-line. masalahnya adalah bagaimana
menyampaikannya sehingga orang lain dapat merasakan itu.

salam

--
|===[ Yudhi Kusnanto ]==============|

believed to be clean.