On Thu, 15 Nov 2007 01:28:42 +0700 (WIT)
Yudhi Kusnanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> sementara, ketika bekerja dalam lingkungan grafis yang melulu
> point-n-click, terkadang saya merasa seperti orang bodoh, karena tidak
> mengetahui dengan pasti apa yang terjadi/dilakukan oleh mesin. saya hanya
> bisa berharap komputer melakukannya dengan benar pada saat yang tepat
> dalam keadaan yang sesuai dengan yang diasumsikan oleh pembuat program.
> kalo ada masalah, belum tentu penyebabnya adalah kesalahan pemakai,
> mungkin saja penyebabnya sesuatu yang menurut kita tidak ada hubunganya.
> sering saya berpikir faktor teknis dalam menyelesaikan masalah komputer
> [...]

Hm, pendapat di atas belum tentu benar menurut saya.
Apakah dengan bekerja dengan command line kita tahu apa yg dilakukan mesin ?
Apakah kesalahan yg terjadi pada eksekusi command line juga sepenuhnya
terjadi pada user ?
Terus tentang perkiraan 10% itu ada artikel yang bisa menjelaskan ?
Terus kalimat "apalagi kalo sistemnya berbasis MSWindows" bisa dijelaskan lebih
lanjut ?

Takutnya pernyataan di atas sama dengan pernyataan orang yang
takut dengan linux, lalu menyebutkan hal-hal yang berbau FUD pada Linux.