2008/11/23 zappytanx <[EMAIL PROTECTED]>:
> On 11/23/08, Masim Vavai Sugianto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>

> wakakakakakaa! ditanggepin srius ama boss Vavai. ya udahlah, cobak
> saya mencoba untuk ngeyel dikit deh. :P

Ya ya ya boss, saya menangkap nada humor tapi tetap menanggapi dengan
serius karena memang pointnya bagus untuk didiskusikan :-P. Nggak
perlu merasa ngeyel karena saya justru mengapresiasi diskusi sehat
seperti ini.

> dukungan bukan berarti menunggu. kegiatan para blogger, yaitu
> blogging, didukung dengan aktifnya orang-orang pemerintah secara luas
> untuk ngeblog. kegiatan linux geek, yaitu ngoprek linux, eh, nggak
> perlu ngoprek deh ding.. Menggunakan linux, berapa orang pemerintah
> sih yang aktip? kekekekekee...

Waktu PB 2007 saya pernah iri mengapa ILC tidak semeriah PB.
Jawabannya karena tidak semua blogger itu pengguna Linux. Ini bisa
dipandang sebagai kelemahan tapi juga sekaligus sebagai peluang.

Bagaimana jika komunitas Linux mengadakan pendekatan pada panitia
PestaBlogger untuk dapat menyisipkan apakah itu CD gratis, brosur atau
stand-stand komunitas. Tentu akan bersinggungan dengan sponsor -->
Microsoft tapi sepanjang bisa dicoba, mengapa tidak.

Kembali pada soal orang pemerintah, seberapa banyak dari mereka yang
menggunakan Linux, ini tantangan juga. Sepanjang yang saya tangkap,
trend mereka semakin meningkat. Saya banyak menemukan orang-orang IT
dari kalangan pemerintah yang akrab dengan open source. Mereka bisa
menjadi inisiator awal bagi tersemainya bibit open source dikalangan
pemerintah.

Saya tetap memandang, jika kita punya bargaining power yang kuat
(anggota yang banyak dan organisasi yang rapi), dukungan pemerintah
dan sponsor akan datang dengan sendirinya.

--
Best Regards,

Masim "Vavai" Sugianto
Blog (ID)         : http://www.vavai.com/blog/index.php