2008/11/23 zappytanx <[EMAIL PROTECTED]>:
> kegiatan para blogger, yaitu
> blogging, didukung dengan aktifnya orang-orang pemerintah secara luas
> untuk ngeblog. kegiatan linux geek, yaitu ngoprek linux, eh, nggak
> perlu ngoprek deh ding..

Blogger itu mulai didukung oleh pemerintah ketika :

1. Muncul beberapa perwakilannya yang bisa bicara baik-baik. Tidak
berkomunikasi dengan nada yang negatif.

Fokus ke kerjasama / kolaborasi. Bukan saling menjelek-jelekkan.

2. Selaras dengan kepentingan pemerintah, dalam hal ini Depkominfo,
yaitu dengan tujuan mereka untuk mewujudkan "knowledge-based
community"

> Menggunakan linux, berapa orang pemerintah
> sih yang aktip? kekekekekee...

Banyak euy.

Ada satu sub-direktorat yang isinya kosong melulu - karena para
anggota timnya sudah berminggu-minggu keliling Indonesia untuk
mempromosikan open source.

Ada salah satu yang curhat kepada saya, "kok gue disalahin juga sih",
keluhnya. Padahal ybs, pegawai di sebuah departemen pemerintah, sangat
aktif mempromosikan open source.
Dan dia tidak sendirian; banyak pegawai negeri yang kini sudah simpati
kepada open source.

Tapi, kadang mereka jadi antipati, ketika melihat respons dari
komunitas yang seperti ini. Wajar sih, bayangkan saja jika kita :

1. sudah mati-matian memperjuangkan open source
2. gaji kecil
3. jujur, sehingga tidak ikut cipratan uang panas yang berseliweran

Lalu malah dituduh tidak pro open source, tidak aktif, dan berbagai
tuduhan-tuduhan lainnya (!)

Memangnya enak  :-)

Saya lihat beberapa aktifis sudah bagus sekali pendekatannya /
positif. Seperti pak Rusmanto, dll.
Beliau ini sibuk menjalin kerjasama - bukan sibuk menuduh-nuduh /
berprasangka buruk.

Kalau soal dukungan ke open source, pemerintah indonesia termasuk yang
paling pro. Baru melihat ke Ristek saja sudah jelas. Padahal, masih
ada departemen-departemen lainnya yang mendukung juga.

Kalau mau tahu lebih lanjut, japri saja. Tapi sori ya, kalau ada yang
menuduh lagi bahwa pemerintah tidak mendukung open source, saya bisa
tertawa terpingkal2 di depan monitor komputer saya  :-)

Salam, HS