On Thursday 29 January 2009 11:44:28 Dichi Al Faridi wrote:
> Temen : "Ga mau pake linux, installnya susah"
> Saya : "Kalo ga mau install, coba LiveCD aja"
> Temen : "Ga mau pake linux..."
> Saya : "Ga mau belajar ya?"
> Temen : ...

Menurut saya, ini makin mengesankan kalau linux susah.
Karena mesti belajar lagi.

Kalau aku menjawab sbb:
Di kantorku, semua mesti pakai linux, dan ternyata semua bisa.
Bukan cuman teknisi, tapi juga bagian administrasi bahkan office boy.
No problem at all.
Bahkan banyak mantan karyawan yang sudah keluar, tetap lebih menyukai Linux
daripada windows.

Hehehe....

Oh ya.
Banyak yang mau memigrasi orang dari end-user murni windows (cuman tahu
mengetik dan ngeprint, nginstal pun tidak bisa), jadi linuxer kelas sysadmin.
Ngurusin instalasi linux, apt-get, IP Address dll.
Makanya linux-nya jadi susah.

Di salah satu pelatihan migrasi ke Linux, saya tidak mengajari caranya.
Saya tampilkan sebuah ketikan, dan mereka langsung disuruh mengetik.
Saya tampilkan tabel tabel spreadsheet, dan mereka langsung bikin.

Dan ternyata, mayoritas langsung bisa.

Note: Mayoritas pengguna windows tidak menginstal sendiri komputernya.

--
Salam,

Adi Nugroho - http://adi.internux.co.id/
iNterNUX --- http://www.internux.net.id/
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53J Makassar
Tel. +62-411-834690  Fax. +62-411-834691
CDMA:+62-411-6109535 GSM:+62-816-27-9193