On 2/1/10, Aldebaran Candra <aldebaranchan...@gmail.com> wrote:
> Terima kasih artikelnya
> Jangankan untuk calon hacker, wong bagi seorang financial manager
> seperti saya hal ini sudah menjadi bencana, koq!
> Filosofi-nya, kalau kita adalah produsen maka kita harus paksakan diri
> untuk menjadi monopolist dalam produk kita

Betul, saya juga heran dengan ide yang kemaruk seperti ini. Yah,
namanya kapitalis sih; tapi kan sudah terbukti sejak dulu bahwa
Ethical business can be a Good business too -- pengusaha yang etis
juga bisa (super) sukses.

Tidak harus jadi penjahat untuk bisa sukses :)

Salah satu contoh kasus yang paling spektakuler bisa dibaca disini :
http://news.bbc.co.uk/2/hi/uk_news/magazine/8467833.stm

Ini menambah motivasi & keyakinan saya, bahwa kita bisa berbisnis
dengan etis DAN tetap sukses.
Dan ini juga telah dibuktikan oleh berbagai perusahaan F/OSS yang ada
-- salah satunya IBM, yang dulu nyaris bangkrut, dan lalu kembali
bangkit setelah banting setir nyaris 180 derajat : dari tadinya
hardware company (International Business MACHINES :) menjadi services
company, termasuk berbagai portofolio produk F/OSS nya.

Salam, HS