Sbelumny samain presepsi dulu, takut ane salah. Presepsi ane, acara tu 2, Acara
ILC dan Acara LCM, LCM ada didalam rangkaian ILC. Gitu bener ga ya? Klo bener
dilanjut, klo salah anggap ja imel ini sekedar ide.

Acara LCM ane rasa sampe bbrp tahun kedepan masih akan tetap sulit mendapatkan
sponsor, tapi ILC bisa. Dengan catatan rangkaian acaranya ILC bisa dikemas
menarik, misal dgn adanya lomba games (misal urbanterror/warzone), lomba
hacking, atau lomba lainnya yg dianggap sarat sponsor dan untuk bisa besar dan
menarik minat sponsor pastinya membutuhkan tim yg tidak sedikit (ILC 2010 bukan
hanya acaranya KPLI bogor tapi acara KPLI yg diadakan dibogor dan tuan
rumah/panitia adalah semua KPLI yg ada di bogor dan sekitarnya). Sponsor
sendiri tidak harus bergerak dibidang oss, yg penting mereka termasuk yg
mendukung perkembangan oss (bisa sapa aja opera, mozilla atau yg lain kecuali
mikrosop, atau mikrosop mau dilibatkan? terserah temen2 itu mah, walaupun ane
sangat tidak stuju klo ms dilibatkan :P)

Intinya seh rangkaian acara ILC dibuat semenarik mungkin untuk menarik minat
sponsor yg nantinya diharapkan bisa mensubsidi kebutuhan LCM. Acara ILC bole
dan mesti menghasilkan dana sebesar2nya biar acara LCM bisa lebih nyaman dan
berkesan buat temen2 untuk diceritakan pd saat mereka pulang ketempat masing2,
sehingga akan menambah minat calon2 volenteer baru di daerahnya masing2.

Kmren temen2 KPLI Bekasi konfirm ke ane akan ngirim perwakilan ke rapat umum
besok walaupun mereka menyayangkan karena secara organisasi ga pernah
dilibatkan. Ane sendiri mohon maaf ga bisa ikutan ngeramein.

Setau ane waktu itu pas pameran di smesco jkt pernah seh ada obrolan dari
anggota KPLI bogor dgn anggota KPLI bekasi, tapi mungkin ada miss atau apa ane
kurang tau, mereka merasa tidak dapat info apa2 tau2 dah rapat umum.
Whateverlah, klo pendapat ane pribadi mungkin missnya terjadi karena waktu itu
cuma pembicaraan dari mulut ke mulut, mungkin sudah saatnya kita (KPLI) sedikit
birokratis, mungkin mesti ada semacam surat resmi dari KPLI bogor ke KPLI
sekitarny untuk melibatkan diri, mungkin mesti di tuliskan nama2 KPLI lain yg
terlibat di kepanitiaan di brosur ataupun website sebagai kredit atas
keterlibatan mereka. Atau mungkin ada hal lain... Dan hal ini bukan untuk ILC
2010 aja tapi untuk kegiatan2 kedepan. Wallahualam. Sekedar masukan.
--
A. Hardiena
www.ahardiena.web.id