Quoting Irving <[EMAIL PROTECTED]>:

> By default, PHP4 akan membuat session ID yg tidak sama, krn pemakaian
> session memang ditujukan untuk sharing data untuk satu browsing
> session,
> bukan untuk sharing data antara beberapa browsing session.
Oh gitu, kok saya gak nemu tulisan gitu di php4 manual ? :)

> Bisa saja sih, session ID dipaksa sama (main di cookie, ubah sessid,
> dll),
> tapi, pertanyaannya, untuk apa?
seperti yang anda duga di atas : "untuk sharing data antara beberapa browsing
session."
Contoh :
Asumsi sessid-nya pake cookie, misalnya kita pengen bikin semacem keranjang
belanja online gitu. Si user boleh browsing beberapa page sekaligus, masing2
page kan isinya belanjaan yang beda-beda, ada buah-buahan dan ada juga yang
sayur-sayuran. Misalnya lagi, pada saat yang bersamaan, si user milih  buah
mangga di satu page, terus mau dimasukin ke keranjang, dan di page yang lain si
user juga milih sayur kangkung, terus mau dimasukin ke keranjang juga.
Nah, ini yang saya pertanyakan, apa bisa dipastikan bahwa mangga dan kangkungnya
masuk ke keranjang dua-duanya ? Asumsinya request masukin mangga ke keranjang
dan request masukin kangkung ke keranjang sampe di servernya bersamaan dan
masing2 proses yang menanganinya berjalan bersamaan.

Jadi kesimpulannya untuk hal tersebut bisanya pakai share memory aja kali ya.

Hadi PS
Visit Ukhuwah.or.id at http://www.ukhuwah.or.id
The Coolest Islamic Portal in Indonesia