> Nggak, maksud saya kita nggak perlu berusaha menyamakan sessid
> secara explisit.
> Seperti anda bilang di Amazon kalau belanja di 2 window
> sekaligus, semuanya
> tercatat di sessid yang sama. Hal ini bisa terjadi kalau si user
> membuka window
> baru atau misalnya dengan javascript:window.open, dan karena
> sessidnya pake
> cookie, jadi window yang baru otomatis sessid-nya sama, CMIIW.
Bener.
Tolong diingat, ada 2 jenis cookie: cookie file, dan cookie memory.
Biasanya, session ID di simpan di cookie memory. Setidaknya, begitulah
tingkah laku ASP. Saya belum pernah research mendalam di PHP. Kalau anda
lihat di setting IE, akan ada setting untuk "session cookie".

> [...]
> simultaneous akses ke sebuah method kan methodnya bisa dijadiin
> synchronized,
> jadi setiap akses ke method itu akan masuk ke antrian, dan dalam
> satu saat
> hanya satu akses saja yang menjalankan fungsi, concurrency
> control mungkin nama
> kerennya, terus kalau akses file di php bisa pake flock, share
> memory pake
> semaphore, nah terus kalo session ada atau nggak mekanismenya,
> that's all what
> i want to know. Soal browsing session dan shopping cart itu cuma
Mungkin anda bisa lihat langsung implementasi session di PHP. Toh source
code nya available =)
Atau, lihat di buku PHP.
Terus terang, jarang sih yg membahas masalah spt ini, krn biasanya, yg
penting ada "how to use" dan bukan "how it works". Terus terang, saya juga
tergelitik untuk mencari. Saya sih lebih konsentrasi di ASP (PHP hanya
sampingan). Mungkin saya akan research di ASP dulu.

Thanks.

- irving