On Sunday 06 October 2002 18:28, anda menulis :
> Bila ----> $psql template1
> maka akan secara otomatis akan mengikutkan userlinux sebagai user postgres
> ...karen belom dibuat, maka muncul...
> psql: FATAL 1:  user "bujung" does not exist
> dan pesan ini....
> psql: FATAL 1:  IDENT authentication failed for user "postgres"
> akibat user tidak terdaftar pada indent.conf
> Versi PostgreSQL 7.2 sudah menggunakan itu sebagai otorisasinya...

Yang belum saya pahami apakah harus ada user "postgres" sebagai userlinux ?
Sebab pada PostgreSQL V.7.1 tanpa ada user postgres sebagai userlinux, saya
dapat masuk dan mencoba template1. Dan saya tidak menemukan indent.conf yang
ada indent saja di direktori /usr/bin/

> Untuk menghilangkannya....ubahlah file pada /var/lib/pgsql/data/pg_hba.conf
> remark (#) untuk bagian indentd (bagian paling bawah file) kemudian

pada EOF pg_hba.conf saya tidak menemukan indentd seperti yang mas KoPra
maksud. yang ada begini
local           all     ident           sameuser (apakah ini yang mas KoPra maksud
untuk di remark?)

> hilangkan remark pada bagian atasnya yang ada nomor "127.0.0.1"
> kemudian simpan filenya....(harus sebagai userlinux postgres atau root)

untuk yang satu ini sudah ketemu benarkan demikian ?
#TYPE   DATABASE        IP_ADDRESS      MASK            AUTH_TYPE       AUTH_ARGUMENT
#local  all                                                                     trust
host            all                     127.0.0.1               255.255.255.255 trust
(benarkan ini yang dibuang
remarknya?)

> cobalagi....
> kalao belum bisa restart postgresql daemonnya (postmaster)
> semoga membantu.....
> KoPra

[bujung@bujung bujung]$ psql -u template1
psql: Warning: The -u option is deprecated. Use -U.
User name: postgres
Password:
psql: FATAL 1:  IDENT authentication failed for user "postgres"
[bujung@bujung bujung]$ nohup postmaster>logfile 2>&1 </dev/null &
[1] 3509
[...]
[1]+  Exit 1                  nohup postmaster >logfile 2>&1 </dev/null

Jika saya pakai merintah yang ini hasilnya juga sama :
[bujung@bujung bujung]$ /usr/bin/pg_ctl -D /usr/local/pgsql/data -l logfile
start
postmaster successfully started
[...]
User name: bujung
Password:
psql: FATAL 1:  user "bujung" does not exist

napa yah, . . . . sampe-sampe saya instal kembali mandrake 8.2 dari awal
kuatir kalo instalasi sebelumnya gak lengkap. tapi hasilnya juga tetep sama.
kacihan yach :(

--
Warso Prayitno [ [EMAIL PROTECTED] ]