Mirorring yang saya maksud adalah membuat "complete copy" yang berjalan secara
bersama-sama... misalkan saya membuat partisi di hda1 dan hdb1, dimana hda1
dan hdb1 saya lakukan "mirroring", maka isi dari hda1 dan hdb1 adalah persis
sama... hal ini dilakukan untuk mencegah apabila misalkan harddisk hda rusak,
maka kita masih bisa berjalan dengan hdb1... hal ini biasanya dilakukan
dengan menggunakan sistem RAID (Redundant Array of Inexpensive Disk), dimana
pada dasarnya sistem RAID ini adalah menggunakan lebih dari 1 harddisk untuk
digunakan secara bersamaan... untuk RAID sendiri ada beberapa macam/level,
dimana kita bisa memilih RAID level berapa yang akan kita pakai... beberapa
level RAID yang umum:

RAID 0: Stripping
Di RAID 0 ini, kita bisa menggabungkan beberapa harddisk menjadi seolah2 1
harddisk sehingga jumlah total volume bisa ditingkatkan... tetapi
kelemahannya, antar harddisk sangat dependant, sehingga bila salah satu
rusak, maka filesystem tidak dapat dipakai sama sekali..

RAID 1: Mirroring
Jika menggunakan RAID level 1 ini, kita bisa menggabungkan beberapa harddisk
sebagai backup, sehingga bila salah satunya rusak, sistem masih bisa
berjalan... kekurangan sistem ini, jika anda memiliki 2 x 80GB harddisk, maka
anda dianggap hanya memiliki volume 80GB total, karena keduanya merupakan
mirror/copy...

RAID 5: Stripping with Parity
Ini merupakan pengembangan dari RAID 0, dimana apabila salah satu filesystem
(filesystem tidak sama dengan harddisk!) rusak, dia masih mampu melakukan
"simple" recovery jika terdapat error kecil pada filesystem dengan
menggunakan informasi parity...

RAID 10: Stripping with Mirroring
Ini merupakan penggabungan dari RAID 0 dan RAID 1, dimana anda bisa melakukan
stripping dan mirroring secara bersamaan... tentu saja hal ini lebih memakan
banyak harddisk... gunakan RAID 10 jika anda membutuhkan fault tolerant dan
big volume...

Nah... dalam prakteknya, anda bisa menerapkan sistem RAID tersebut dengan 2
cara:

1. Hardware Level.
Dimana sistem RAID tersebut dilakukan menggunakan hardware... biasanya sistem
ini lebih mahal... kelebihannya, OS tidak perlu pusing untuk me-manage sistem
RAID, dan biasanya cenderung lebih cepat dan tidak memakan CPU cycle....

2. Software Level.
Dimana sistem RAID ini tidak membutuhkan hardware khusus, yang penting anda
memiliki OS yang memiliki fasilitas ini... meskipun sistem ini sedikit
memakan CPU cycle, tapi dengan kecepatan processor saat ini, sistem software
RAID ini hampir sama cepatnya dengan hardware... semua Linux sudah memiliki
fasilitas ini, juga Windows 2000 Server/XP/2003 Server...

nah Mirroring seperti sistem RAID di atas sangat berguna untuk melakukan
backup secara realtime... sehingga tidak membutuhkan waktu untuk melakukan
backup secara "complete copy"... cara lain dalam melakukan backup "complete
copy" juga bisa dilakukan dengan men-schedule program tar untuk archiving
seluruh data ke dalam file yang diletakkan di harddisk lain atau ditulis ke
backup tape...

Nah untuk backup "komulatif" yang saya maksud adalah tidak melakukan backup
dengan "complete copy", jadi tidak meng-archive seluruh file, melainkan hanya
file-file yang berubah saja yang di-archive... tetapi dengan syarat, anda
harus memiliki "history" dari archive-archive sebelumnya... biasanya pertama
kali dilakukan "complete copy" / "full backup" dan kemudian melakukan "delta"
atau merekam perubahannya saja terhadap "complete copy" tersebut dari waktu
ke-waktu... space tentu saja lebih hemat... tetapi recovery time akan lebih
lama seiring dengan semakin banyaknya "delta"... biasanya hal ini disiasati
dengan melakukan campuran keduanya, misalkan melakukan "full backup" setiap
sebulan sekali, dan melakukan "partial backup" setiap hari...

Semoga berguna...

--
Danny Kurniawan