genjuro wrote:
> jadi klo return-nya 0 artinya...?

tidak ada artinya jika tidak dibutuhkan.

misalnya kita buat s/w pembanding file (is_same), yang akan memberikan
return 0 jika sama dan 1 jika beda.
trus kita mo melakukan sesuatu berdasar nilai return ini.
kira-2 begini:

is_same file1.txt file2.txt
if [ $? ]
then
echo "sama"
else
echo "beda"
fi
Sintaknya mungkin salah (ga' dicoba)

> sh itu apa?
> cmd? maksudnya command di run-nya windows?

sh & cmd sama-2 "shell" atau "terminal". saya biasa pake sh di linux
(ya, command line-nya unix/linux) dan cmd di windows (ya, command
line-nya windows)

> blm ngrti... maklum baru belajar.

is_same file1.txt file2.txt
if not %errorlevel% (
echo "sama"
) else (
echo "beda"
)

Sintaknya mungkin salah (ga' dicoba)

> mungkin ini bisa menjadi "pengumuman" bagi yang lain, FYI, aku ini blm
> punya kompie jadi jangan heran klo gw ini tanya terus (soalnya emang blm
> di tes...) kenapa saya "masuk" ke sini? karena:
> 1. untuk membiasakan dengan linux (rencananya mo bikin 2 OS di kompie
> (klo ada nanti) satunya linux satunya windows (xp ato apalah)...
> 2. melatih logika... (sebenarnya hobi juga :D)

wo.... halah!
ga' punya kompi juga gpp, bisa pinjem punya tetangga :)
dual boot sich gpp, asal sama-2 legal.

Semoga membantu,
Sihab

--