halo mau tanya nih,dari dulu saya penasaran sama orang yang punya "perfectpitch".
kebetulan saya merasa teori saya lumayan baik tapi pendengaran saya kurang baik dalam
musik.
Tapi akhirnya saya berhasil dapetin satu buku, judulnya one note complete ear training
by bruce arnold,bukunya sih tipis tapi disertai 4 buah cd.
Saya lihat di toko buku sini (kebetulan saya sedang di malayasia) dan singapura,hanya
ada dua jenis buku tentang ear training.
begini nih claimnya buku itu:
"This ear training series presents a method with which I have had great success in
improving a student's ability to identify pitches. There is a direct correlation
between ability to identify pitches and musicality. This method will help you on your
way to achieve master musicianship".
dan buku ini jadi text booknya newyork university dan princeton university.
yang saya mau tanyakan, adakah di indonesia yang sukses mempelajari teknik ear
training seperti ini?....
sekian terimakasih

RIO