From: Johann [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, August 23, 2004 9:46 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [GITARIS.COM] Scale

Biar gampang harus tau dulu major scale dan minor scale, karena mode itu
cuma major dan minor scale yang digeser 1/2 step salah satu not nya.

Major= 1-1-1/2-1-1-1-1/2
Minor=1-1/2/-1-1-1/2-1-1

Scale yang termasuk major ada 3, yaitu Mixolydian, Ionian, Lydian. Yang
minor yaitu Phrygian Aeolian Dorian.

- MAJOR

Mixolydian adalah major scale dengan not ke 7 diturunkan 1/2 step,
contoh:
C Major = CDEFGAB
C Mixolydian = C D E F G A Bb

Lydian, not ke 4 dinaikkan 1/2 step, jadi C Lydian = C D E F# G A B

Kalo Ionian itu sama aja dengan major scale, jadi C Ionian = CDEFGAB

- MINOR

Phrygian adalah minor scale dengan not ke 2 diturunkan 1/2 step, jadi A
Phrygian = A Bb C D E F G
Dorian adalah minor scale dengan not ke 6 dinaikkan 1/2 step, jadi A
Dorian
= A B C D E F# G
Kalo Aeolian sama dengan minor scale itu sendiri jadi A Aeolian =
ABCDEFG