Good idea mas Moio.....
mending di pake aje deh buat belajar home recording .hehehehhe
Btw ..boleh dong nie aku belajar ama mas moio ..? mau yah mas huekekekekk
kapan2 kita ngobrol ok ...

good luck guys...And Bravo gitaris.com

[EMAIL PROTECTED]

"Tejomoyo, Wahyu" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Software recording apa nih maksudnya ? u/ sequencing/mixing atau mastering ?
Cubase/sonar itu sifatnya lebih ke arah sequencing dan mixing.
Tergantung individunya juga sih, krn banyak keuntungannya juga kalo kita mempelajari software2 tsb. diluar 'utak-utik' teknik gitar.

Studio juga gak menjamin hasilnya lebih bagus dari polesan software, khan tergantung alat di studio, sound engineer dan budget kita juga khan ? kalo mau studio yg bagus yaa...siap2 aja sediain budget yg gede buat bikin demo, belum lagi kalo kamu solo instrumentalis...berarti harus nyari temen buat rekaman khan ?

Lain halnya kalo kamu bisa software musik, trus di tambah kalo kamu bisa main banyak instrument. waduh...rasanya sayang ya kalo duitnya di pake buat rekaman di studio. Lebih baik khan belajar & punya software/ perangkat home recording lain, trus berkarya sendiri. Bisa2 nanti kamu bisa bikin studio recording sendiri. Sekarang teknologi home recording sudah terjangkau sekali koq biayanya, gak spt dulu yg harus spend banyak duit dan waktu.

Udah gitu ilmu2 recording dulu cuma di punya sama segelintir orang. Nah sekarang khan ada internet, komunitas milis dll. Ilmu2 spt itu relative bisa di dapat...emang sih gak gratis...tapi juga gak seprotective dulu koq.

Kebetulan saya bikin musik juga sendirian, dari proses awal sampai akhir. Ilmu banyak saya dapet dari internet dan milis...dan berani nyoba di rumah.

Selamat mencoba ya...moga2 bantu.
[Moio]