Dear all..
Local luthiers tuh bagus-bagus kok. Kitanya justru yg sering maksa mereka jadi susah maju. Paling banyak adalah karena sering pesan custom tapi mbajak..malsuin merek n model gitar top (sekarang udah mulai banyak yg gak mau ngerjain beginian).

Jarang ada gitaris pro yg mau pake produk lokal dlm penampilan pro. Jujur aja, menurut gue sendiri Ridho terlalu berani untuk make produk lokal dipanggung sebesar SLANK. Juga Eet Syahrani. Yg grogi justru gua sendiri !! Bangga memang, tapi grogi n takutnya ratusan kali lebih besar! Alhamdulialh lancar dan gak masalah untuk gak bilang layak atau bagus.

Gitaris juga suka maksa luthier bikin guitar body doang, pickups beli sendiri. Mungkin memang bagus, setengah pasti ( Mayzan bilang uang gak bohong ), tapi dgn begitu luthier akan tetap tinggal sebagai "tukang bikin gitar".

Sistem endorsement artis juga bikin buruk keadaan,artis gak dihargai dgn layak ( gak mesti harus uang, tapi respect lebih penting). ini bikin artis jadi calo diskon. dan sering spesifikasi gitar yg dipake beda dgn yang dijual (pickups terutama).

Kalau mau maju, mesti berani mulai. Meski gua jg tau, gua bisa jadi cuma bangunin macan tidur.. Bisa aja Setiawan Jodi lalu bikin pabrik gitar lokal !! Gua mampus ?? Gak !! Masih banyak jalan yg bisa ditempuh. Yg jelas, kalau gitar lokal udah rame dan dihargai kita juga yg untung kan ? Mungkin jadi ada yg tertarik untuk bangun pabrik sparepart, bikin musik messe, dan lain-lain. Pokoknya bagi gitaris pasti asik. Ya kan ?

So, maju terus!! Jayalah Indonesia, kita bukan bangsa yg bodo-bodo amat kok..

salam,
Toien

Express yourself instantly with MSN Messenger! Download today it's FREE! http://messenger.msn.click-url.com/go/onm00200471ave/direct/01/