Guys,dari hasil gue liat pabrik2 gtr lokal & nyoba2
gtr
china di toko2, ini pendapat gue :
1. Gtr china kaya rockwell,rockson,aria,extreme,dll
Action & playbility bener2 ga enak,sumpah!kadang2 gue
mikir, tuh gtr2 kayanya ga pake QC,kalopun ada dept.QC
pasti bukan player,alias bisa nyetem pake TU-12 aja ;)

2. Gtr China kaya Ibanez Gio, Gillmore,Epiphone, Stagg
Playbility udah ok,sayang sound kurang ok krn pake
p'up murah, mungkin yg penting bunyi ;)
Utk Gillmore model & kosmetik lumayan bagus,tremolo yg
lo-pro,inlay kaya ibanez s series,nice idea !

3. Gtr Lokal kaya Prince,yg ini no
comment,kelebihannya
cuma satu, termurah di dunia! ;)

4. Gtr Lokal hasil pengrajin2 di jkt & bdg, rata2
finishing ga bagus,hasil kerjanya kadang bagus,kadang
kacau juga,maklum aja kelas home made ;)
tapi yg gue ga suka,demen bgt tuh org malsu2 merk &
model yg ngetop,kaya JEM,PGM 30,Stratocaster,LP
Gmn mereka mau maju,kalo ga PD pake merk sendiri,
tul ga?

5. Gtr Lokal Marlique, yg ini beda bgt ceritanya
gue udah dtg ke pabriknya,ketemu mas toein yg punya,
setelah nyoba gtr-nya,hasilnya ? utk harga 2,95 jt
list,kayanya paling bagus alias best buy!modelnya
kombinasi antara PRS,Ernie Ball EVH(bukan Axis) &
Ibanez Talman.Kualitas P'up-nya (tesla)jujur aja gue
kaget,bagus euy! dibanding p'up std gtr lain yg harga
segitu,gue udah bilang ke mas toein utk coba pake EMG
-HZ (yg jadi std di gtr LTD by ESP )mungkin hasilnya
lebih ok,alias lebih nge-rock! :)
Gue juga diskusi ama dia, kynya dia udah tau bgt cara
bikin gtr&part-nya yg cocok,kalo gue diskusi ama
pengrajin gtr yg lain,mereka pny pendapat tapi ga
jelas
dasar teorinya (mereka bilang'katanya yg bagus spt
ini...')

Kesimpulannya,Who's the best?jawab aja sendiri guys!;)