Banyak yg begitu, terutama pemegang merek USA. Mereka tau banget bahwa made in
USA itu bisa banget dijual. Kami ( Marlique ) banyak dapet tawaran dari
produsen USA ( bukan yg gede 2 seh ) u bikin spt itu, parts dll komplet, hanya
gak boleh disolder dan tidak ada tulisan made in Indonesia. Jadi final QC ada
di USA.

Mereka sendiri yg bilang bahwa today people doesn't really care about
where the
guitars was made, semua sudah tau bahwa reasonable production place itu bukan
di USA. Kondisinya kira2 begini : China selalu diasosiasikan dgn barang murah,
Korea so so, Jepang sudah mulai tak terbeli, rest of the Asia do not have
resources and skilled low cost labor. Tinggal Indonesia.

Yg tidak kita punya cuma NAMA !! Yg satu ini agak2 ancur gitu kl
menurut gw. Tau
sendirilah kira2 seperti apa dalam hal image.
Satu2nya merek Indo yg sangat bergengsi di luar mungkin cuma OBIN ( OBIN HOUSE
), yg ini ngetop banget di jepang ! Cek aja..

Marlique mah masih jauh!! Tapi sambutan yg sudah pernah liat dan main ( jualan
juga ) yg diluar negeri, sangat memberi semangat. Lebih dari penghargaan dari
bangsa sendiri..

Coba cek www.gitarhandel.com  atau yg bikin sndiri www.guitar4all.dk atau yg
lain. Mereka itu dulu berani beli sample produk tanpa pernah liat, bahkan
denger nama aja baru !

Akhirnya yg mesti diinget : ini hanya sebuah produk..jangan dikait2kan dengan
nasionalisme,mesti cinta produk lokal atau yg lain2. Kalau bagus ambil.. kalau
jelek buang aja ! Atau tunggu sampai bagus ( dengan segala
konsekuensinya..huahaha )

Thanks and best regards,

Toien Bernadhie RA
Marlique Guitars Indonesia
www.marliqueguitars.com
Phone : 62 21 5930 2450  Fax ; 62 21 5930 2451

BARU! CHATROOM GITARIS.COM: http://gitaris.com/chat.p