KEMARAHAN ADALAH TAMU YANG TAK DIUNDANG (1)

Belum lama ini saya memiliki kesempatan untuk berbicara dengan seorang
Amerika veteran Vietnam, yang menceritakan kepada saya kisah-kisah
menarik tentang perubahan dirinya, kedamaiannya, suka citanya, dan
kapasitasnya untuk bersama dengan orang lain, karena ia pernah
memiliki saat-saat yang menyulitkan bersama orang lain. Dia adalah
seorang tentara pada saat Perang Vietnam dan ia memiliki sifat alamiah
seorang tentara. Ia telah siap untuk menghadapi tantangan apapun. Jika
siapapun ingin melawannya, ia siap untuk meresponnya.

Akan tetapi ia mengatakan setelah beberapa bulan latihan perhatian
murni, ia telah berubah. Suatu hari ia sedang berjalan-jalan santai
dan seseorang yang sedang sangat marah menghampirinya dan ingin
berkelahi dengannya. Seketika sahabat kita merasakan bahwa ia tidak
lagi memiliki hasrat untuk berkelahi.

Orang itu sangat marah dan ingin memukulnya untuk membuat ia
menderita, tetapi sahabat kita tidak ingin berkelahi. Itu adalah suatu
gagasan yang baru dan aneh baginya. Ia mempraktekkan bernafas masuk
dan keluar dan mengatakan kepada orang tersebut, "Jika kamu ingin
memukulku, tidak apa-apa. Tetapi aku tidak akan membalasnya karena aku
tidak ingin berkelahi, aku tidak akan berkelahi."

Jika anda memukul sebongkah batu, meskipun batu itu tidak memukul
balik, anda akan terluka. Dan itulah yang ingin ia sampaikan pada
orang tersebut. Wajahnya dan suaranya tenang dan tidak menunjukkan
kemarahan, sehingga orang lainnya menanggapi dengan baik. Ia
menghentikan agresinya dan pergi.

Sahabat kita memberikan selamat kepada dirinya. Itu adalah
kemenangannya yang nyata untuk pertama kali terhadap kemarahannya.
Saya berharap anda mempraktekkan seperti dirinya jika anda ditantang
oleh wanita lain atau lelaki lain untuk berkelahi. Ada cara yang lebih
baik untuk merespon terhadap kemarahan daripada berkelahi.

Diterjemahkan oleh : Dayapala Steven
Diedit oleh : Bhante Dharmavimala

** MABINDO - Forum Diskusi Masyarakat Buddhis Indonesia **

** Kunjungi juga website global Mabindo di http://www.mabindo.org **

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: