--- In mayapadaprana@yahoogroups.com, utrie ginting <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> kebebasan berbicara dan mengutarakan pendapat yang disampaikan oleh
moderator, menurut saya, patut diacungi jempol.
saya tidak melarang semua pendapat yang berkembang diantara para
anggota milis. Ini adalah sarana pembelajaran kita semua.

>   mohon para anggota jangan terpancing emosi, apalagi sampai
memaki-maki dalam menjawab segala postingan yang datang. Don't fight
fire with fire, karena apabila keras dibalas keras,

Benar, hanya ajaran biadab yang meresponi tulisan2 yang menentang
ajaran2nya dengan caci maki maupun teror.

>   Salam,
>   Gerry

>   Tindakan Pak Moderator mengundang "anjing2 galak", ke milis ini
adalah niat
> baik agar kita semua lebih bisa menghargai pendapat orang lain..

Inilah contoh orang2 yang tidak beradab, bukan menjawab sebuah
pendapat dengan argumentasi, tak mampu membuat argumentasi tapi
gampang menista penulis lain sebagai "anjing2 galak".  Kita tak bisa
memperlakukan siapapun juga yang berbeda pendapatnya dengan apa yang
kita percaya sebagai mahluk yang lebih rendah daripada binatang
ataupun sebagai anjing2 galak.  Menghina, memfitnah tidak dibenarkan
apapun agamanya meskipun AlQuran menghalalkannya bukan berarti umat
merasa berkewajiban melakukannya.

> Hanya saja anjing2 galak itu, adalah orang sama sekali tidak menghargai
> pendapat oranglain, bahkan cenderung memaksakan pendapat, jadi
merepotkan
> kita2, malah mengganggu...

Menyamakan orang yang mengemukakan pendapatnya yang logis dan rasional
sebagai "anjing2 yang galak" merupakan ciri2 dari manusia yang tidak
beradab.  Menganggap manusia lain yang berbeda pendapat lebih rendah
daripada binatang sehingga halal darahnya dialirkan merupakan anggapan
yang sangat biadab dan hal itu hanya bisa dibaca dalam AlQuran.

> Jadi seharusnya banyak pelajaran yang bisa diambil dari milis ini..
> Tapi sepertinya milis ini hanya bisa jalan ditempat..
> Membahas itu2 saja... Boring..

Yang harus bisa berjalan adalah pikiran2 penulis atau pembaca2nya
bukan millisnya yang hanya menyediakan fasilitas kebebasan berpendapat.

Tulisan milis banyak macamnya tidak perlu membuat diri jadi boring,
tapi kalo anda cuma membaca dan membela tulisan2 yang me-muja2 Allah
dengan ajaran2 biadab dalam mengutuki penyembah berhala, kafir, orang
Yahudi, dan orang2 murtad, memanglah sangat membosankan, karena dunia
beradab sekarang ini mengutuk ajaran2 seperti itu.  HAM sudah jelas
menyatakan bahwa semua kepercayaan termasuk orang kafir dan penyembah
berhala harus dilindungi sama seperti umat muslimin.

> Saya tidak tahu filsafat apa yang telah diadopsi oleh Pak Moderator...

Yang namanya moderator hanyalah penengah saja kayak juri sehingga tak
perlu mengadopsi filsafat.  Seharusnya anda mempelajari dulu setiap
kata yang ingin anda tulis, jangan sampai menulis sesuatu yang anda
tidak ketahui sehingga tak jelas apa yang ingin anda sampaikan.

> Jadi ini saatnya untuk meng-Upgrade filsafat anda, dengan bersikap lebih
> bijaksana,jangan mengutamakan kuantitas anggota milis saja, tapi
kualitas
> juga..

Sekali lagi tidak ada perlunya berfilsafat dalam menjalankan fungsi
sebagai moderator yang bijaksana.  Tapi anda benar bahwa kuantitas
saja tidak cukup, tapi kualitas biadab dalam menyembah Allah tidak
dibutuhkan sama sekali.  Kita membutuhkan pandangan2 yang bijaksana
yang tidak membedakan agama seseorang, tidak memfitnah, menghina dan
mengutuk umat yang berbeda kepercayaannya, apalagi sampai membunuh
atau mengancam akan membunuhnya, maka orang seperti ini tidak pernah
dianggap berkualitas tetapi teror2 yang mengabaikan kualitas.  Jadi
yang penting memang, quantitas, qualitas, dan menjunjung tegaknya HAM
dan mengutuk Syariat Islam yang melanggar HAM.

> Atau kita2 bisa membuat milis baru, dengan tema sama dan moderator yang
> dipilih dengan pooling..

Membuat milis baru sih gampang, tapi mengundang tulisan2 berkualitas
itulah yang tidak gampang.  Karena milis yang berkualitas tidak berisi
doa2, tahajut, cara berpuasa, waktu shalat, dan tidak memperbolehkan
mempropagandakan ayat2 AlQuran dalam menyebarkan kebiadaban2.

Setiap orang bisa membuat millis dan mengangkat dirinya jadi
moderator, jadi tak perlu pooling.

Jadikanlah diri anda sendiri sebagai moderator, dan apakah anda
bijaksana atau tidak bijaksana akan ditentukan oleh kualitas dari
penulis2 dalam milis anda sendiri.

Ny. Muslim binti Muskitawati.

Quotes :
" Spirituality is essentially a journey within. You need no preparations, no
luggage to carry - nothing absolutely. What you need is just : LOVE ! And this
Love, can only come as an after effect of self-actualization, achieved though
the practice of meditative way of life."
- Anand Krishna -