Terima kasih bung Emanuel, saya hargai sikap dan usaha anda untuk objektif.
  Sebenarnya bila mau dibahas dan diperdebatkan maka akan bisa menjadi panjang.

  Contohnya anda mengatakan :  "sampai 2000 tahun kemudian masih  banyak yang
ikut Yesus!!! ", tapi menurut saya justru bukti2x tidak  seperti itu contohnya
bersunat, hari sabat dll dan saya punya dalilnya  juga. Tapi okelah, lupakan
saja, karena saya tidak ingin berpanjang2x  berdebat sebenarnya terutama dengan
anda karena akan lebih menyinggung  umat yg lain tapi bila masih ngeyel, Insya
Allah akan saya ladeni. Saya  kurang menghargai cara2x umat seperti rekan anda
yg kebenarannya baru sepihak  lantas dia seperti yakin bahwa dia yg paling
benar. Saya juga mencoba  membalas dengan mengatakan bahwa Yesus itu manusia
dan itu juga sebuah  kebenaran sepihak dari pihak saya, tapi apa kebenaran itu
saya  munculkan sebelumnya ????

  Apakah ada usaha dari umat Islam terutama saya dalam mengusik2x agama  lain ?
Apakah milis ini tempat orang mengusik dan menyinggung agama  lain ? Bila ada
umat Islam yg menyinggung agama lain saya tidak  sungkan2x dan segan2x juga
mengingatkan terutama di milis ini.

  Emanuel Sungging :
  "kembali soal plintir2an, ya nama-nya manusia kan dikasih kehendak bebas
untuk memahami apa yang tertulis, apakah kemudian menjadi terpelintir,  urusane
kan sama pembuat tulisannya, salah benar, kan enakan dibahas,  biarpun kepala
panas, tapi hati dingin; pastilah bola salju akan  bergulir, dan bola salju gak
selama-nya akan bergulir, suatu saat akan  nabrak, pecah, dan kembali menjadi
bulir2 es yang mencair menjadi air  .."

  Dablex:
  Betul, manusia dikasih kehendak bebas, tapi tidak bisa digunakan seenak
udelnya dewek.
  Apalagi bila pinjam bahasa anda, bila sudah menjadi bola salju dan  bergulir
maka bola salju lama2x akan membesar dan akan bisa  menghancurkan apa2x yg
dilaluinya. Apakah itu sudah dipertimbangkan ?
  Lebih baik dengarkan apa yg bung Brewok sarankan !

  Nuhun..:)

Emanuel Sungging <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
             sek  sek sek .. ini kemana ya arah-nya?? oke saya coba mencari
garis tengah  aja yah?? mudah2an diterima kedua belah pihak, dan pihak lain
yang  nonton .. wong jadi suwe2 oot ..

bung dableg benar, bung rudy jg  benar .. dua2nya punya kebenaran .. apakah
yesus lahir karena sperma,  atau karena keajaiban, sebetulnya itu bukan hal
penting; kenapa gak  penting?? wong yesus juga cuman gembel lahir di kandang
wedus, bapaknya  yg jasmaniah gak konangan sopo. tapi yg paling penting, kalo
saya  mencoba membaca yang 'tidak tertulis' ..  jadi saya mencoba  membuat
uraian di garis tengah ..

bung dableg benar dalam ranah  dimana dalil-dalil fisika harus dipenuhi, kalo
yang nama-nya jabang  bayi harus ada bapak-ibu, ada kontak fisik, terserah mau
pake napsu  atau kasih sayang, poko'e kontak fisik akan memproduksi kehidupan
baru  .. itu adalah proses yang duniawi, nalar, dan diterima secara sahih
(secara saintifik).

Kemudian, kalau membicarakan soal pribadi  yesus, yang sebagai manusia, bagi
yang belajar pasti tau lah, yesus  cuman gembel yang lahir di kandang wedus,
bapaknya secara resmi gak  ketahuan , tapi pas dia lahir koq ada raja dari
timur datang dan  menyembah? apa ini sahibul hikayat? mungkin saja ... tapi
kemudian, ...

yesus  tidak pernah menyuruh murid2nya untuk menulis semua yang dia katakan,
dia lakukan; yesus tidak pernah membuat asas-asas agama kristen, yesus  hanya
memberi contoh; pemikiran kristen modern malah banyak ditulis  oleh paulus
(yang notabene sempet jadi musuh pengikut yesus);

yesus cuman berkata IKUTILAH AKU, AKU ADALAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP  ... nah
, logika-nya, kalau yesus cuman manusia biasa, sebut saja orang  seperti saya
yang ngomong seperti itu, pastilah dibilang wong gendeng,  tapi kenyataannya ..
sampai 2000 tahun kemudian masi banyak yang ikut  yesus!!!

.. jadi?? nah disinilah perspektif bang rudy boleh saya  masukkan, bahwa ada
suatu kuasa yang jauh di luar kata2, mau kata2 yang  se-singkat frase tersebut
di atas, atau kalimat2 yang rumit, ada hal2  yang mengatasi logika, ada kuasa
yang jauh lebih hebat dari manusia ,  kemanusiaan, dan hanya bisa dipahami
kalao kita mencoba melihat,  mendengar dengan hati yang bening dan tulus ..

toh  pada akhirnya ini hanyalah masalah perspektif, seperti juga kasus
astronomi dan astrologi, dua2nya adalah ranah yang berbeda, tapi  dua2nya
mencoba memahami astra yang sama .. pilih sendiri perjalananmu  ..

untuk teman2 yang lain, seperti bung steph, atau yang lain2,  mungkin kata2
bisa tajam, menukik dan menusuk, tapi mohon bersabar;  bahwasanya , toh kata2
yang ditulis oleh komputer itu cuman bit demi  bit karakter, yang kalau
dihilangkan intonasi-nya, tulisan2 itu  hanyalah tulisan, yang pada akhirnya
gak penting, bisa dibuang ke tong  sampah ..

[...]

semoga  kita semua berhikmat, siapa tahu sing maringi urip sedang berkata2
untuk kita semua melalui tulisan2 ini .. how can we know?

matur tenkyu ...

Dablex Scali <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Saya khan bilang, bila ada seorang wanita yg belum menikah lalu  melakukan
proses bayi tabung itu artinya tidak ada hubungan  badan.  Yang namanya bayi
tabung memang tidak ada proses hubungan  badan, anda gimana sih ?

 Tidak ada satu ayatpun yg menulis  ada sperma ditanamkan ditubuh Maria, bukan
berarti tidak mungkin hal  itu terjadi. Apakah ada ayat dalam alkitab yg
menceritakan Maria  mengalami haid ? Apakah ada satu ayat di alkitab yg
menceritakan Maria  kentut ? Apakah ada satu ayat di alkitab yg menceritakan
Maria / Yesus  berak/be'ol ? Kalau tidak ada, apa berarti Maria tidak haid,
maria /  Yesus tidak kentut dan tidak berak.
  Tidak dicatatnya peristiwa itu karena ada beberapa kemungkinan yaitu
dianggap tidak penting, atau hal tersebut masih belum diketahui atau  diluar
pengetahuan saat itu. Sama halnya dengan Feng shui, ada hal2x yg  sulit
dijelaskan dengan pengetahuan pada saat itu.

 Saya tidak  memelintir, apa maksud anda memelintir dengan pertanyaan "Apakah
Tuhan  tidak bisa menciptakan sperma" ? Saya cuman mau membuka wawasan
berpikir anda bahwa proses terjadinya kelahiran Yesus itu seperti itu,  yaitu
seperti bayi tabung. Apakah menyembuhkan kusta sebuah mukzizat ?  Apakah
menyembuhkan orang buta sebuah mukzizat ? Apakah menyembuhkan  orang lumpuh
sebuah mukzizat ?

  Rudy Prabowo said :
 Jadi sangat tidak masuk  akal sehat dan tidak ilmiah, kalau dibilang
terjadinya Yesus sama  seperti terjadinya manusia Bayi Tabung (bertemunya
spermatozoid dengan  sel telor),...

  Dablex:
 Justru pengetahuan sekaranglah yg  membuktikan bahwa tidak ada pembuahan tanpa
adanya pertemuan antara  spermatozoid dengan sel telur.
 Jadi pendapat anda justru tidak  ilmiah dan masuk akal bila Maria bisa hamil
tanpa adanya pertemuan  sperma dengan sel telur. Yang masuk akal adalah sama
seperti bayi  tabung, begitu juga kala itu menyembuhkan kusta dll adalah sebuah
 mukizat maka saat ini bukan hal yg aneh.

 Apakah dengan  meniupkan saja bisa hamil ? Setahu saya orang kalo kebanyakan
ditiup  itu tidak bisa hamil tapi yg ada kembung / masuk angin, seperti ban /
balon yg ditiup isinya angin doang..hahaha...:D

 Oke kalo  anda masih ngeyel bahwa Yesus lahir itu bukan karena adanya
pembuahan  sperma terhadap sel telur, itu hak anda karena hal itu juga tidak
bisa  dibuktikan sama seperti tidak bisa dibuktikannya bahwa Yesus lahir
karena adanya pertemuan sperma dengan sel telur. Jadi tidak usah anda  paksakan
pendapat anda karena dasar pijakannya sama2x tidak kuat  berdasarkan catatan
Alkitab (tidak tercantum dalam alkitab).

  Tapi yg jelas : selama masih keluar dari rahim manusia maka disebut anak
manusia, jika keluar dari rahim binantang maka disebut anak binatang.
Sebaliknya bila anaknya disebut  anak manusia, jelas orang tuanya  juga manusia
dan bila anaknya disebut anak hewan maka orang tuanya  pasti disebut hewan. Apa
bisa disebut anak manusia jika keluar dan  dilahirkan dari rahim binatang ?
Apa bisa sebut anak binatang  jika lahir dari rahim seorang manusia ?

Rudy Prabowo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Bung Dableg, sesuai  namanya dableg,

  Soal  bayi tabung itu 100 % dipastikan terjadinya bayi karena bertemunya
spermatozoid dengan sel telur. Dan ini memang diadakan oleh manusia,  jadi
nyata2  diambil sperma dari lelaki dan sel telor dari wanita,  lau dibiakkan
(mungkin melalui cawan petri dulu, setelah terjadi  pembuahan baru dipindahkan
dst)

  Nah  kalau soal Yesus, darimana spermanya diambil, ini tidak ada satu
ayatpun yg menulis ada sperma ditanamkan ditubuh Maria, tapi ada ayat
ditiupkan Kalimatullah, ataa Maria mengandung tanpa noda artinya tidak
disetubuhi (hubungan sex).

  Sehingga anda  sdh salah menyimpulkan serta menulis ttg terjadinya Yesus,
maka selalu  mengira-ngira berdasarkan "keyakinan", bukan berdasarkan fakta
serta  ayat AQ atau Injil.

  Tidak  ada ayat sepotongpun yg menceritakan bhw Tuhan menyisipkan sperma ke
rahim Maria. Nah, anda malah menanyakan apakah ada kemungkinan Tuhan
meletakkan sperma manusia ketubuh Maria. Jelas  jawabnya : Tidak  ada ! Mana
buktinya dong ?

  Anda malah  memelintir, apakah Tuhan tidak bisa menciptakan sperma ? Darimana
 pertanyaan itu saya ajukan kepada anda? Anda mengarang bukan? Soal
menciptakan, soal meletakakn sperma, soal Tuhan mau memberi anak dlsb  tidak
ada hubungan dengan diskusi kita tentang terjadinya atau lahirnya  pribadi
Yesus, tapi AQ dan Injil menyebutkan terjadinya Yesus karena
Kalimatullah/Rohullah atau Maria dikandung tanpa Noda. Paham ?

  Kita  jangan mengalihkan diskusi kelain masalah, tapi tolong anda fokoskan ke
 masalah terjadinya Yesus dan bayi tabung, bertemunya sperma dengan sel  telor.
Ojo neko2 lione...

  Dan soal  penyembuhan penyakit oleh dokter dlsb, bukan fokus diskusi kita.
Semua orang tahu kalau seorang dokter sudah mati tidak bisa hidup  lagi, atau
bangkit lagi. Ojo neko2....

  Disini  tidak ada permasalahan cari domba sesat atau  soal hutan dlsb,  kita
mencari kebenaran yang nyata bukan angan2 dan pelintiran serta
pembenaran.............

  Jadi  sangat tidak masuk akal sehat dan tidak ilmiah, kalau dibilang
terjadinya Yesus sama seperti terjadinya manusia Bayi Tabung  (bertemunya
spermatozoid dengan sel telor), saya baru tahu hanya dari  anda, bung mas
Duableg...............huahahahaa..............

Dablex Scali <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
      Anda ini yg   sebenarnya CULUN dan KATROK.
Apa anda yakin bahwa tidak ada unsur sperma dalam tubuh Maria sehingga hamil
???? Apa sudah ada yg melakukan penelitian ???
Yang jelas dan faktanya  adalah saat itu Maria bisa hamil tapi tanpa punya
suami dan tanpa melakukan hubungan badan. Oke ?

Jadi  jelas sama dengan bayi tabung, bila ada perempuan yg belum menikah ikut
program bayi tabung posisinya jelas sama. Apakah tidak mungkin Tuhan  meletakan
sperma manusia (bukan spermaNya Tuhan) ke tubuh Maria ? Apa  anda pikir sperma
itu bukan ciptaan Tuhan juga ? Apa anda pikir orang  yg punya sperma pasti bisa
menghamili perempuan ? Anak itu karunia  Tuhan, jadi Tuhan memberikan anak bisa
darimana saja. Belajar lagi deh  ! Jangan sampe kefanatikan membuat mata anda
jadi buta.

Gak  ada dalam Al Quran mengatakan Yesus itu Roh Allah, jadi anda jangan
bermimpi deh. Semua orang Islam diseluruh dunia juga pasti mengatakan  bahwa
Yesus itu manusia. Apa anda pernah survey dan menanyakan ke  setiap orang Islam
lalu menemukan ada orang Islam yg mengatakan bahwa  Yesus / Isa adalah bukan
manusia ? Jangan mimpi bung.

Rudy :
"Soal  Darah, itulah kuasa Allah, bukan kuasa anda, bagaimana anda bisa
mengerti karena anda tidak dikaruniai Hikmat serta karunia menafsirkan."

Dablex:
hehehe...inilah  typikal orang kristen yg fanatik buta ketika sudah kepepet
langsung  orang laen disuruh menelan dogma. Apa anda sudah dikarunia Hikmat
serta  karunia menafsirkan ? Buktinya apa ? Itu khan klaim anda pribadi.
Makanya pakai logika anda, selama masih keluar dari rahim manusia maka disebut
[...]

Jelas  secara konsep sama antara Yesus dengan bayi tabung. Tanpa proses
hubungan badan maka seorang wanita bisa hamil dan melahirkan. Seperti
dijaelaskan diatas hanya bedanya Tuhan sebagai 'dokternya', yaitu Tuhan
meletakan 'sperma'  manusia (maaf bukan spermaNya Tuhan) ke tubuh  Maria. Apa
anda tidak tahu, dokter itu diistilahkan sebagai 'Tuhan  kecil' karena bisa
menyembuhkan manusia ? anda tahu kenapa mukzizat  Yesus banyak berhubungan
dengan medis kesehatan yaitu menyembuhkan  kusta, menyembuhkan orang lumpuh,
menyembuhkan orang buta dll ???

Keajaiban  banyak disekeliling kita bung, jadi jangan terlalu fanatik dalam
menerjemahkan segala sesuatunya. Kalo mau nyari domba yg sesat jangan  di
internet bung, tapi dihutan aja, disini udah banyak orang  pinter....:)
Emang tempat ibadat anda sudah sepi umat ya ?   hehehe...

Rudy Prabowo   <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Anda  itu sedikit terkebelakang pemikirannya, kenapa? Sebab bayi tabung
manusia harus mempunyai unsur : spermatozoid (berasal dari manusia  priya) dan
sel telur (berasal dari manusia wanita), Terjadinya  Yesus tidak memerlukan
Spermatozoid tapi hanya Rohallah/Kalimatullah  dengan menggunakan rahim seorang
wanita, jadi pernyataan dan analogi  anda ini sama sekali tidak nyambung dan
jauh berbeda dan sangat  bodoh..anda hanya mencari-cari  untuk meng counterr
attack   ttg Yesus adalah Rohallah/Kalimatullah, makin anda mencari
persamaannya, maka makin tampak kedunguan anda:))))
  Saya mohon anda berusaha agar anda sedikit menjadi pintar dalam hal
ini........jangan terlalu bodoh..okey !

  Soal cek Tubuh   Kristus tidak perlu, Alquran sudah menyatakannya bhw Yesus
itu Roh Allah dan Kalimatullah.,  sudah sering saya  lampirkan tapi anda tidak
menyimak ! Soal  Darah, itulah kuasa Allah, bukan kuasa anda, bagaimana anda
bisa  mengerti karena anda tidak dikaruniai Hikmat serta karunia
menafsirkan.............

  Soal cleansing beda Bung dengan  kortsluiting..............,  kalau anda itu
benar2 sudah kortsluiting; buktinya yaitu anda  mengatakan ;  Yesus disamakan
dengan seperti hasil produksi bayi  tabung, dimana otak anda,
hahahhaaaaa...................

  Jadi anda tidak bisa lagi dicleansing tapi harus diganti zekeringnya merk
Rako !!!

Dablex Scali <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
      Al Quran   dan Hadist mana ? Yang   sudah anda plintir2x ?

Yesus  memang bukan dari hasil hubungan kelamin, trus kalo ada bayi tabung yg
bukan hasil hubungan kelamin apa bisa langsung di bilang Tuhan ?   Emang di
Alkitab tidak ada seseorang yg juga bukan dari hasil hubungan  kelamin ?
Bacalagi deh.

Apa anda sudah cek sendiri bahan dasar  tubuh Yesus itu apa ? Apa beda bahan
dasarnya dengan nabi adam dan nabi  Muhammad ? Kalo beda, lalu kenapa ketika di
salib koq berdarah ? Kenapa  darahnya merah dan bukan hijau ? ...:)

Iya beda dong roh sama Roh, satu satu huruf awalnya huruf kecil yg satu lagi
huruf besar..wakakak..:)

udah  deh bung Rudy, daripada anda nyuruh bung Brewok cleansing, anda mending
trading aja otak anda (itu juga kalo ada yg mau), percuma kalo disuruh
cleansing karena otak anda udah korsleting....hahahaha...

Rudy Prabowo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Semua  yang saya ungkapkan itu ada di Al Quran dan Hadits, jadi kalau mereka
pada sewot, ya salahkan aja AlQurannya n haditsnya, jangan Om Brewok  dong ya
ngk Wok?

  Soal Adam kan tubuhnya  dari debu tanah, Muhammad dari hubungan kelamin sex,
Yesus bukan dari  tanah bukan juga dari hasil hubungan kelamin..itu beda bung
wok?
  Kalau cara berpikir spt wok, maka roh binatang juga dari Aulloh.............

  Semua itu beda soal otoritas !!! dan juga beda antara roh dan Roh.............

  Muhammad rasulluloh, Yesus Rohulloh-Kalimatulloh, beda lah wok ? Nah semua
itu ada di AQ, tp kok pada sewot kaya cacing  dipanggang............

  Salam juga buat Brewok, sering2 latihan     cleansing..................

"si Brewok [0_-]" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
      --- In mayapadaprana@yahoogroups.com, Rudy Prabowo
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Isa  dinyatakan sebagai Kalimatullah (Sabda Allah) dan Isa
dinyatakan sebagai Ruh Allah (Roh Allah)
> [Surah 3:45, Surah 4:171].

++ Dalam Book of Genesis (Kejadian) diceriterakan ketika Tuhan Allah
meniupkan ruh-NYA pada tanah yang ia bentuk menurut citra-NYA. Jadi
pada diri Oom Adam ada ruh Allah, pada diri Oom Jesus dan Oom
Muhammad juga ada ruh Allah, dalam diri Oom Rudy juga ada ruh Allah
kan? :-D

Kalu menurut si brewok sich Ruh Allah terdapat di mana-mana dan itu
bukan keistimewaan seorang Jesus   Christ   atau Sananda (menurut New
agers). Keistimewaan seorang Jesus dan Muhammad terletak di suri
tauladannya. They are great people with great Love!

Salam Damai dari hatiku.
Brewok

---------------------------------
  We won't tell. Get more on shows you hate to love
(and love to  hate): Yahoo! TV's Guilty Pleasures list.

---------------------------------
  8:00? 8:25? 8:40? Find a flick in no time
with theYahoo! Search movie showtime shortcut.

---------------------------------
    Don't be flakey. Get Yahoo! Mail for Mobile and
always stay connected to friends.

---------------------------------
  Don't be flakey. Get Yahoo!  Mail for Mobile and
always stay connected to friends.

---------------------------------
Never Miss an Email
Stay connected with Yahoo! Mail on your mobile. Get started!

---------------------------------
It's here!   Your new message!
Get  new email alerts with the free Yahoo! Toolbar.

=======================================
/ @~}~  @~}~ /\\nggieng//\ ~{~@  ~{~@ \
- mundus vult decipi, ergo decipiatur -

   The all-new Yahoo! Mail goes wherever you go - free your email address from
your Internet provider.

No need to miss a message. Get email on-the-go
with Yahoo! Mail for Mobile. Get started.

Kirim email ke