Dear Friends, Berikut percakapan di Yahoo Messenger
antara Jacky Chen (nickname; mahasiswa, 20 tahun)
dengan saya tentang MATA KETIGA, OOBE (Out of Body
Experience), dan LUCID DREAM. Semoga bermanfaat bagi
rekan-rekan lainnya. (Leo).

+++++++++++++

J = Jacky
L = Leo

J: Le...... kmna aja? BUZZ!!!

L: Baru bangon tidur.

J: eh Le... td gw liat ce cntk, lucu deh mukanya...

L: Kok lucu? Kayak apa?

J: kyk anak masih kcl gt... tp klo gw tebak umurnya 2
ato 3 taun di atas gw.. babyface lah..

L: Hm, terus suka?

J: ya lumayan sie.. png tau namanya siapa en dmna
rmhnya.. cm malu kenalannya.. he..he... Eh Le...
misalkan nie ya... klo mata ketiga gw dah terbiasa gw
pake.. apa bs gw terawang tuh ce?

L: Hm, bisa aja, tapi buat apa?

J: ya buat tau namanya siapa... alamatnya dmna.. Ya
kenalan secara ga lgsg gt..

L: Well, kalo niatnya gitu gak bakalan bisa. Musti
langsung nanya nama en alamat ke orangnya. Nanya aja
apa susahnya seh? Paling jauh digampar, kalo
nanyanya kurang ajar.

J: Ya gw kan orgnya maluan le.. ga bs gt aja kenalan..
pa lagi klo balik liat ke diri gw sendiri.. kayanya gw
ga pantes kenalan lgsg ma tuh ce..

L: Well, kalo urat kemaluannya masih that big,
mendingan dipotong dulu deh.

J: How?

L: Pake piso, dipotong aja... Sreeeet!

J: piso yg gmna?

L: Yang tajem, piso sunat juga bisa.

J: trus urat malu itu di sebelah mana?

L: Di sebelah kemaluan.

J: serius nie. gmna caranya..

L: Tanya dukun sunat dunk!... Gw kan liat anune cowok
laen aja belom pernah.

J: ah cape ah.. Le.. menurut loe.. gw tipe elemen apa?

L: Api en Udara, en Air juga en Tanah juga. Sebenernya
lu ini balanced, seimbang, jadi susah untuk dilihat
yang mana yang lebih dominan. Bagusan gitu daripada
yang terlalu dominan salah satu elemennya.

J: pantesan aja ya Le, gw krg sensitif klo ma hal2 yg
menyangkut energi..

L: Sama, gw juga gak sensitif gitu2 amat.

J: tp klo sama perasaan org gw koq sensitif ya Le?

L: Hm, contohnya apa? Bisa sensitif ama perasaan gw
emangnya?

J: terkdg bs... tp terkdg jg ngga... tp biasa klo
ketemu org lgsg gw bs.. tp ya itu mungkin cm pk logika
gw doank...

L: Hm, contohnya? Waktu ketemu gw apa yang lu baca?

J: yg gw baca sie loe lg kecapean..

L: Ha ha ha. Betul. Terus apa lagi?

J: bosen jg... tp gw ga baca serius2 amat.. cm sekilas
doank..

L: Ya, kita belajarnya dari sana. Dengan mengamati,
lalu muncul impressi2.

J: klo si vincent sie lg penuh dng rasa penasarannya
dia...

L: Vincent is kasmaran, that's true. Oedipus Complex
dia itu. So what? Kalo dia suka, it's ok aja. Ceweknya
suka, dia suka. So what? Hm... Capek gw sama Vincent,
total hari ini gw ditelponin dia 40 kali lebih.
Nanyain soal yang sama, tentang ceweknya itu. Cuwapek
hu hu hu...

J: ya emank gw ga peduli sie.. itu kan emank urusannya
dia.. eh Le... dng seiring berjalannya waktu... elemen
seseorg bs berubah ngga?

L: Elemen dasar orang gak berobah, menurut gw, tapi
orang akan belajar untuk meng-inkorporasikan elemen2
lainnya ke dalam dirinya sendiri sehingga, bagi orang
yang mau belajar terus, akhirnya elemen dirinya akan
balanced.Balanced is seimbang. Seimbang antara keempat
elemen itu: api, air, udara, tanah.

J: oiya le... si andri yg bs baca pikiran org itu...
apa krn dia elemen udara?

L: Dia itu basicnya air. Air dan Tanah yang dominan di
dirinya.

J: tp koq dia bs dngr pikiran org ya Le?

L: Tanya sama dia dunk! Masa nanyanya sama gw.

J: ya setidaknya kan loe bs ngasi penjelasan kan Le..

L: Well, penjelasannya gini .. tiap orang itu beda2.
Mata Ketiga is Mata Ketiga .. tapi manifestasinya di
tiap orang berbeda-beda. Sama aja kayak pikiran kita,
kemampuan mental kita. Semua orang memiliki kemampuan
mental (untuk berpikir), tetapi ada orang yang kuat
banget berpikirnya dan bisa menggunakan metode
tertentu (misalnya hitung-hitungan), dan orang lain
lagi kuat di permainan bahasa, ... dan orang lain lagi
jago bicara langsung... yang semuanya berasal dari
kemampuan mental itu. Berbeda-beda manifestasi dari
kemampuan itu. Nah... Mata Ketiga kurang lebih seperti
itu juga. Manifestasinya berbeda-beda di tiap orang.

J: Le.... sebaiknya meditasi sehari brp lama?

L: Meditasi sehari tergantung orangnya. Ada yang suka
10 menit sehari which is ok for that person. Ada yang
suka 30 menit which is ok juga. Gak perlu dipatok
mati, ntar malahan bisa jadi ribet sendiri.

J: hmmm i see.. bs ngga sie klo mata ketiga kita ingin
sprt ky org lain?

L: Well, mendingan kita kembangkan sendiri sesuai
bakat yang ada di diri kita, gak usah niru2 orang
lain.
Sama seperti kemampuan kita yang lain, semuanya akan
berkembang sesuai bakat bawaan kita. Kalo ada yang
jago bicara di depan umum, dan kita bisanya nulis aja.
Well, kita bisa belajar bicara di depan umum tetapi...
basicnya, bakat kita itu menulis, for instance. Dan,
menurut aku, yang paling ok adalah untuk mengembangkan
di bagian dimana kita paling merasa sreg... Di bagian
dimana kekuatan kita paling banyak. Itu akan terasa
lebih mudah, lebih natural, dan tidak memaksakan diri.
Kalau terasa memaksakan diri, malahan nantinya bisa
stress. Depressi. Macem2 lah. Nah, yang korslet2 itu
kan karena pada memaksakan diri. For what?

J: iya jg sie.. tp kan kadang2 org ingin memiliki
kemampuan yg dimiliki org laen jg..

L: Hm, pacarin aja orang laennya.

J: ye... sembarangan nie.. Le.. ngmg2 ttg kejujuran...
apa kita mesti jujur trs dihadapan org?

L: Yang penting jujur terhadap diri sendiri dan
terhadap YME.  Kalau di hadapan orang, itu tergantung
situasi, tergantung Wisdom (kebijaksanaan) yang
diberikan oleh Mata Ketiga kita saat itu.

J: hmmm... i see...

L: Wisdom datangnya juga dari Mata Ketiga. Wisdom is
Hikmat ya,... ada yang bilang sebagai Hidayah. Jadi,
Mata Ketiga is so full of Wisdom also. Gak cuma data
mentah seperti Range and Scale. Range and Scale adalah
istilah Vincent Liong untuk data2 naluriah. Itu di
dimensi Naluriah. Wisdom, pada pihak lain, dihasilkan
oleh Dimensi Intuitif. Dan itu biasanya bukanlah data
mentah, melainkan sesuatu yang sudah diolah ,,, diolah
oleh proses mental kita sendiri, oleh proses emosional
kita sendiri, oleh proses peradaban kita sendiri..
oleh segala macam yang complicated itu. Tetapi
datangnya ke diri kita sebagai Intuisi thok. Datang
begitu saja di pikiran kita. Dan biasanya memang itu
berbentuk Wisdom, bukan data mentah walaupun data
mentah juga bisa.

J: eh le... gw mo crt ttg mimpi gw yg lumayan aneh
nie.... en br sekali gw ngalamin..

L: Mimpi apa seh?

J: gini loh... dulu gw prnh mimpi.. di mimpi itu gw
liat org item.. besar.. mungkin berbulu.. ga jelas
gt.... nah yg gw liat itu dia menjatuhkan tempat CD,
yg gw taruh di sebelah Tv... nah saat tempat Cd itu
jatuh.. otomatis ada suaranya donk... nah.. pas tmpt
cd itu jatuh ke lantai.. gw bangun.. dan memang
ternyata tmpt cd itu bnran jatuh.. bersamaan dng gw
bangun... itu artinya apa ya?

L: Berarti? Lu bisa ngeliat walaupun lu itu tidur, so
what?

J: nah yg gw bingung.... koq mimpi itu ga berulang...
gt loh...

L: Hm, menurut gw, itu cuma untuk kasih tau kalo lu
ini sebenernya memiliki kemampuan psychic itu. Bisa
keluar dari tubuh, bisa mengalami OOBE (Out of Body
Experience). Nah, yang melihat sesuatu terjadi secara
fisik pada saat kita tidur termasuk OOBE. Itu normal2
aja menurut gw. Gw juga pernah ngalamin. Waktu itu gw
tidur di sofa di ruang tamu... Enak tidurnya. Eh,
tiba2 gw merasa jalan2 ke arah belakang rumah. Gw
jalan terus aja, rasanya kayak ngeblank.. Pas lagi
jalan, gw inget kalo gw benernya tadi lagi tidur. Lho?
Kok bisa jalan pedahal lagi tidur di atas sofa? Lalu
gw nengok ke arah belakang gw, ke arah sofa, pengen
mastiin kalo gw itu emang bener lagi tidur tadi.
Brengseknya... pas gw nengok ke arah sofa itu, gw
langsung bangon dari kondisi tidur itu. Pedahal
tadinya udah jalan2 ke arah belakang dan ngeliat
dengan jelas segalanya seakan gw itu melek bener dan
jalan2 bener. Tapi karena gw sok tahu, akhirnya jadi
mendusin. Sekarang karena pengalaman, kalo gw tiba2
merasa jalan2 live... seperti dalam keadaan biasa,
pedahal saat itu sedang tidur lelap,.. gw akan enjoy
aja. Enak kok,. pengalamannya bisa aneh2, bisa
terbang2, dsb... Enak kan? Terbang gratis tanpa perlu
beli tiket pesawat. Mana pemandangannya enak lagi,
bisa zoom in zoom out. Bisa menukik dari atas dan
turun ke bawah, bisa melesat ke atas lagi. Persis
lagunya si Vina Panduwinata itu: Burung camar, terbang
melayang.... Tuerbanggg,...

J: trus yg jalan2 pas kit atdr itu.. sbnrnya apanya
kita le?

L: Well, kesadaran kita, consciousness kita.

J: roh kita bkn?

L: Bisa juga dibilang gitu. Nah, you understand kan?
Ruh itu ternyata bisa ngeliat even tanpa pake mata
fisik. Mata fisik merem, tapi kok bisa tetep ngeliat.
Yang ngeliat itu ruh kita, kesadaran kita,
consciousness kita... dan itu gak memerlukan mata
fisik. Tanpa mata fisik juga tetap bisa ngeliat. Mata
Ketiga juga kayak gitu, bisa ngeliat walaupun mata
fisik merem. Nah, pertanyaannya, apa hubungan antara
ruh kita dan Mata Ketiga? Well, menurut gw, ruh kita
itu berada di Mata Ketiga. Ruh Tuhan juga di Mata
Ketiga. Mata Ketiga is tempat pertemuan antara ruh
manusia dan ruh Tuhan.

Well? Possibly this is too difficult for you at this
moment. Kalo gitu ngomongin cewek aja deh. OK? Lagi
ngeliatin foto cewek yang mana sekarang?

J: masih mikirn yg td.. klo gw dah bs ngeluarin ruh.
mungkin gw bs maen ke rmhnya kli ya.. he..he..

L: Hm...

J: eh le bedanya sama lucid dream apa donk?

L: Lucid dream itu "lokasinya" berbeda. Bisa ada di
tempat2 aneh. Kalo OOBE, kita bisa tahu kita ada
dimana. Biasanya di sekitar tempat kita tidur itu.

J: bs jauh2 ngga dr tmpt kita tdr?

L: Bisa juga, tapi biasanya kita tahu itu dimana. Itu
tempat yang ada kaitannya dengan waktu kita tidak
tidur. Kalo di lucid dream, kita bisa mengunjungi
tempat aneh2 yang kita gak tahu ada dimana, bisa di
bumi ini, bisa juga di wherever wallahualam... who
knows... Jacky Chen, udah dulu ya? Gw ngantuk nih, mao
bobo lagi. Bye!

J: ya dah.. met bo2 ya Leo cyng...

[Leo adalah alumnus UI dan PennState, seorang praktisi
Psikologi Transpersonal. Untuk membuat appointment
REKON MATA KETIGA please contact him at HP:
0818-183-615. E-mail: <[EMAIL PROTECTED]>.
Tulisan-tulisan dengan TOPIK MATA KETIGA bisa
ditemukan
di milis SPIRITUAL-INDONESIA; untuk bergabung, please
click this link: