Kepada Yth. Bapak/Ibu/Saudara/i
Anggota Milis
Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan tugas akhir yang merupakan syarat dalam menyelesaikan
pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Udayana, maka saya melakukan
penelitian untuk meneliti tentang kepercayaan (trust) terhadap sistem
e-commerce di Indonesia.

Saya adalah:
Nama      : I Putu Nuratama ([EMAIL PROTECTED] / [EMAIL PROTECTED])
Nim         : 0415351002
Jurusan    : Akuntansi

               Untuk itu saya mengharapkan bantuan dan dukungan dari
Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian untuk berpartisipasi dengan mengisi kuisioner yang
terlampir berikut ini dengan lengkap. Seluruh hasil penelitian ini hanya
digunakan untuk kepentingan ilmiah, data Bapak/Ibu/Saudara/i akan dirahasiakan
dan hanya digunakan untuk kepentingan penelitian. Kuisioner ini ditujukan bagi
yang pernah berbelanja atau sering mengakses situs e-commerce.
                Partisipasi Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian dalam mengisi
kuisioner ini sangat saya harapkan dan perlukan untuk memperoleh jumlah
resonden yang mencukupi untuk menyelesaikan tugas akhir saya.
               Atas bantuan dan dukungan dari Bapak/Ibu/Saudara/i saya ucapkan
terimakasih.

Hormat saya,

I Putu Nuratama
Kuisioner Dimulai
Bagian I
Isilah data berikut ini:

1. Nama (boleh tidak diisi)     :
2. Jenis Kelamin                    :
3. Usia                                  :
4. Pekerjaan                          :
5. Pendidikan                        :
6. Dimanakah anda paling sering mengakses internet :
7. Aktivitas apa yang dilakukan saat menjelajah internet (boleh lebih dari satu
jawaban):
8. Pernahkan membeli barang atau jasa melalui internet  :
9. Berapa kali Anda membeli barang atau jasa melalui internet :
10. Sebutkan toko online (situs e-commerce) tempat anda sering membeli atau
sering kunjungi:
11.Pembayaran belanja via internet dilakukan dengan cara (boleh lebih dari satu
jawaban):
12.Produk atau jasa yang dibeli (boleh lebih dari satu jawaban) :

Lanjutkan ke pertanyaan Bagian II bagi Anda yang pernah membelanja via internet
  Bagian II
Skala kuisioner ini antara 1 sampai 5, STS = Sangat Tidak Setuju, TS = Tidak
Setuju RR = Ragu-ragu, S = Setuju dan SS = Sangat Setuju. Pilihlah jawaban pada
skala yang paling mewakili jawaban Anda. Untuk memberi jawaban mohon tandai
dengan cara menghapus jawaban yang anda pilih.
Jawablah pertanyaan berikut berdasar pengalaman Anda mengunjungi atau
berbelanja pada Toko Online yang telah Anda tulis diatas
1.      Saya yakin bahwa toko online memiliki suatu kebijakan kerahasiaan
pribadi yang mengatur secara aman informasi pribadi saya (private information).
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
2.      Saya yakin bahwa toko online akan melindungi informasi pembayaran
(payment information) saya.
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
3.      Toko online menyediakan informasi tentang kebijakan keamanan pada
webnya.
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
4.      Saya yakin bahwa kebijakan keamanan yang diungkapkan toko online telah
teruji.
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
5.      Akses ke dalam sistem dibatasi hanya untuk pengguna yang berwenang
(misalnya dengan menggunakan password).
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
6.      Saya yakin bahwa toko online telah melaksanakan prosedur keamanannya
dengan baik yang membuat saya nyaman bertransaksi untuk keperluan pribadi.
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
7.      Saya yakin bahwa penggunaan teknologi pengacakan (encription
technology) membuat saya aman untuk bertransaksi via internet.
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
8.      Toko online memiliki prosedur dalam menangani kebocoran rahasia,
sehingga saya merasa aman menyerahkan informasi rahasia.
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
9.      Toko Online memiliki rencana perbaikan yang memadai untuk memperbaiki
atau mengurangi gangguan yang terjadi.
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
10.  Toko online memberikan bukti yang dapat diakses dan digunakan jika terjadi
klaim atas transaksi.
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
11.  Toko online memiliki prosedur untuk mengidentifikasi dan membuktikan
keaslian pengguna
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
12.  Toko online saat ini memiliki perlindungan terhadap akses dari pihak-pihak
yang tidak berkepentingan
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
13.  Saya memiliki kepercayaan untuk bertransaksi pada toko online
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
14.  Toko online dikenal sebagai pihak yang menepati janji dan komitmen
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
15.  Saya percaya toko online terus menjaga kepentingan utama saya
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
16.  Saya yakin bahwa pihak toko online tidak akan merugikan saya sebagai
konsumen
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
17.  Saya percaya bahwa toko online tidak akan berlaku curang dalam melakukan
transaksi
      (a) STS,           (b) TS,             (c) RR,               (d) S,
       (e) SS
Kuisioner Selesai
Mohon kirim isian kuisioner ke : [EMAIL PROTECTED]
Atas partisipasinya saya ucapkan terima kasih

Kirim email ke