Ibu dan Bapakku Pulang Umrah

Dan aku mendengarkan ceritanya…

Written by : Ruli Amirullah

Buah Tiin

‘Buah ini adalah buah yang diturunkan dari surga untuk menemani manusia…’

Begitu cerita ibuku sambil
menunjukkan buah Tiin yang dibelinya di Madinah saat umrah kemaren. Aku
memandang takjub pada buah berwarna coklat muda tersebut. Memang sudah
dikeringkan, sehingga bisa tahan lama. Bentuknya mungkin tidak lagi menarik.
Karena
sudah keriput (kalau wanita mah udah gak wajib pake jilbab lagi karena sudah
keriput kulitnya, hahaha… maap, maap.. kok jadi itu sih perbandingannya? Jangan
marah yaa…). Tidak beda jauh dari kurma kering mungkin. Cuma kalo kurma
lonjong, maka ini bulat (dan sedikit gepeng karena tekanan saat mengemasnya)

‘Ibu kata siapa?’

Kataku sambil mencicipinya. Mm..
lucu, ada puluhan atau mungkin ratusan biji-biji kecil didalamnya. Mirip
onde-onde, tapi kebalik. Onde-onde kan
bijinya diluar, nah ini didalam.. hehehe… Masalah rasa? Jelas beda ama
onde-onde. Rasa lebih mirip kurma, tapi tidak semanis kurma. Khasiat? Wah gak
tau juga. Tapi sampai dijadiin ayat yah buah ini. Barengan ama buah Zaitun.
Jadi pasti memang ada yg istimewa di dalam buah yang lagi aku makan ini…

‘Kata mutawif disana..’

Jelas ibuku sambil mengeluarkan
oleh-oleh yang lain. Ah aku jadi lebih tertarik ama kalimat awal tadi. Buah dari
surga? Berarti bukan mahluk hidup asli bumi. Sama dengan manusia berarti.
Manusia juga bukan penduduk asli bumi kan?
Kitakan mahluk surga, tapi kemudian diturunkan di dunia.. itu yang tertera di
Al Quran. Ya ya ya… pantes hati ini rasanya pengen n selalu berharap untuk
masuk surga. Pengen pulang kampung ternyata. (walau kadang hati masih terpesona
ama tempat Huehehe…

Tapi sudahlah, jangan dibahas
mengenai buah Tin yang katanya berasal dari surga, nanti jadi panjang yang
berdebat. Yang jelas waktu itu mulutku mulai melahap buah Tiin yang kedua….
Enak juga kok teman!

Museum Kabah

Sambil mengunyah, aku kemudian
mengamati barang-barang yang ada di museum Kabah. Ah.. tidak! Bukan mengamati
barangnya secara langsung. Masa ibu bapakku membawa barang-barang itu ke
Jakarta. Hayolah.. baru
nyampe gerbang museum juga udah ditodong senapan oleh para laskar penjaga
museum. Yang aku maksud adalah mengamati photo-photo ketika mereka berada di
museum Kabah. Huh, mengapa dulu sewaktu aku umrah aku tidak berkunjung ke
museum ini?

Sayangnya, bapakku yang sudah
cukup banyak usianya (70 lebihlah), agak-agak gaptek dalam mengambil gambar.
Jadi
hanya sedikit gambar yang ada. Itupun kadang tidak focus. Hehee.. tapi lumayan.
Aku masih bisa melihat tangga kabah jaman dulu, pintu kabah dan juga bebatuan
dari sumur zam-zam. Itu yang terambil gambarnya. Masih banyak katanya
benda-benda lain yang berhubungan dengan kabah dimuseum itu..

Eh tunggu dulu..

Museum?

‘Jadi itu seperti museum ya mam?’ tanyaku untuk memperjelas apa
yang sempat terlintas

‘Iya, beneran seperti museum’

‘Kayak museum2 lukisan di eropa, atau museum gajak di Jakarta?’ tanyaku belagak
keren. Gimana gak
belagak, orang belum pernah ke museum-museum di Eropa kok seolah-olah udah
pernah kesana. Huehehe… tapi teman, aku udah pernah kok ke museum gajah.
Percayalah.
Tanya bu guru ku waktu SD kalau teman-teman tidak percaya…

‘Iya, kayak di museum itu..’

‘Gak ada tempat doa disampingnya? Gak dibungkus kain putih
barang-barangnya? Gak ada ritual khusus untuk barang-barang tersebut?’

“Gak ada…’

Wuuuahhh.. mantap euy! Kebayang kalo
barang-barang bekas Kabah ada di Indonesia, pasti udah dibungkus
kain putih, setiap malam tertentu dimandikan, dan pasti ada tempat khusus di
sampingnya untuk berdoa dan mengalirlah berbagai keinginan orang-orang….
huehuehe…

Ini di negeri asal agama Islam
turun, malah diperlakukan sebagaimana layaknya barang antik. Diletakkan
dimuseum.
Dan dipertontonkan untuk dikenang. Dikenang saja? Ya iyalah.. memang harusnya
begitu kan?
Disimpan, untuk dikenang, bukan untuk di mintai macam-macam. Bukankah kita
sudah dapat hak istimewa untuk langsung berhubungan dengan Pencipta kita? Jadi
segala
keluhan, keinginan, tangisan, curhat, permintaan atau apapun itu, sok atuh
langsung di katakan padaNYA… ngapain lewat media lain lagi? Kecuali kita budak
yang tidak punya hak untuk berbicara pada Tuan kita, nah baru deh kita harus
adukan keinginan kita lewat supervisor kita dulu, setelah itu sang supervisor
lapor ke manager, manager ke direktur baru dah direktur menghadap ke Tuan
Tertinggi. Tapi.. ah ribet amat! Kita udah boleh kok langsung ‘mengetuk’
pintuNYA dan menumpah segala uneg-uneg kita padaNYA….

Dan kemudian mengalir
cerita-cerita menarik dari ibu dan bapakku.. aku pun mendengarnya sambil terus
mengamati photo-photo mereka. Menarik! Tapi, Cerita yang lain nanti saja ya
teman. Buah Tiin
ini lama-lama enak juga untuk terus aku makan….

Nyam nyam…

Ruli Amirullah
Mencoba untuk tetap tegak berdiri saat musibah meratap,
Mencoba untuk tetap berpijak di bumi saat nikmat merayu..