Hello Harijanto Pribadi,

On  Thu,  12  Oct  2000 at 08:19:58 GMT +0700 (which was 12/10/2000 8:19
where you think I live) you told to the list :

HP> Saat  ini  saya  menggunakan  Mdaemon  2.7.5  yang saya install pada
HP> Windows NT 4 Sebelumnya saya menggunakan koneksi dial-up lalu setiap
HP> 3 jam sekali melakukan POP 3 Collection dari bn3.com
HP> Pada  saat  ini  kantor  saya  sudah  mendapatkan  jalur leased line
HP> sehingga  saya  ingin  agar  Mail  server  saya dapat diakses secara
HP> langsung dari internet

HP> Saya sudah melakukan registrasi domain ke idnic.

HP> Yang ingin saya tanyakan:
HP> Kalau  saya  sudah  menggunakan leased line dan RAS servicenya bukan
> [...]

Yg  pertama  Anda  harus  minta ke ISP dimana Anda melakukan DNS Hosting
agar  melakukan  assignment  MX  Record ke public ip address dari Router
Anda.

Setelah itu tinggal masalah Internal Routing di tempat Anda.
Di  komputer  yg  digunakan  sebagai  "router", Anda harus mengatur agar
semua "query" yg ditujukan ke ip address Mail Server, khususnya TCP port
25  (110  juga  perlu  jika  diinginkan  bisa  POPing Up dari "luar") di
"route" ke (real) ip address MDaemon Server Anda.

Tips.  Lebih baik menggunakan methode "ip routing" bukan "port Mapping",
karena  Mapping  membuat  Winsock Handshakingnya panjang/lama, akibatnya
MTA  Sender  akan sering Time Out, kecuali Anda melakukan setting khusus
di Winsock (buffer, Time Delay dll).

- Syafril -

#Opinion expressed are only mine#

Dibuat : Kamis 12 Oktober 2000, 9:08:45 GMT +0700

Saya menggunakan MDaemon 3.5.0 RC-1 di NT SP6a