Hello Hianoto Santoso and all MDaemon-L ListMember,

On  Wed,  17  Jan  2001 at 09:07:51 GMT +0700 (which was 17/01/2001 9:07
where you think I live) you told to the list:

HS> Maafkan saya, karena saya pikir milis ini adalah supporting milis
HS> untuk para pengguna MDaemon yang telah ter-registrasi; sedangkan
HS> saya masih dalam tahap mengevaluasi.

Sebenarnya   saya   menyediakan   Milis   utk   yg  masih  pemula,  y.i.
[EMAIL PROTECTED]   (bahkan  saya  menyiapkan  demo  domain  utk
keperluan  itu,  baik  menggunakan  DomainPOP,  ETRN  atau  ATRN  spt yg
dinyatakan  di  Welcome Message, tinggal request kok, free for 1 month),
tp  tdk apalah semua di pool di Milis ini dulu, nanti jika banyak yg sdh
"pintar"  jadi  pertanyaan-2x  nya  tdk  menarik  utk  Newbie atau kalau
Traffic  sdh  meningkat,  baru  Listnya  dipisah  (spt Milis The Bat! yg
baru-2x  diputuskan  utk  di  split,  krn  traffic-nya yg sekitar 200-an
msg/day bikin mabok NewBie <G>).

HS> Kayaknya saya perlu bercerita lebih banyak mengenai kondisi kami.

Itu lebih baik, jadi tdk salah interpretasi :-)

HS> Perusahaan kami terletak pada 3 lokasi yang berbeda dan kami punya
HS> Mail Server yang dialokasikan pada ISP kami.  Untuk mempercepat
HS> proses user d/l e-mail, saya mencoba menggunakan MDaemon dan MultiPOP.

HS> Server   kami  menggunakan  Exchange  (tentunya  dengan  fixed  IP),
HS> sedangkan  kantor  utama  menggunakan  MDaemon (dan fixed IP).

Maaf, perlu klarifikasi lebih lanjut.
Kantor  Anda  ini  merupakan  kantor  utama ? Koneksi ke ISP menggunakan
Lease  Line  ?  Konfigurasinya  apakah : Exchange ---MDaemon---ISP, atau
MDaemon  hanya  running di 2 lokasi kantor yg lain ? Koneksi kantor lain
ke Kantor utama melalui Internet atau melalui RAS ke Server kantor utama
?

HS> Kedua  lokasi  lain  menggunakan fixed IP juga (pakai dialup), namun
HS> bila  bermasalah,  maka  kita  harus  dial ke nomor lain (jadi IPnya
HS> berubah).

Mrk Dial ke ISP lokal setempat ?

HS> Kami ingin menutup Open Relay, tadinya kita menggunakan cara yang
HS> tertera pada TechNet, yaitu pada URL ini
HS> http://www.microsoft.com/technet/exchange/relay.asp
HS> namun MDaemon tidak dapat melakukan SMTP ke server tsb.

Apa errornya ?
(saya  juga  mengaktifkan ORBS di MDaemon saya, jadi saya tahu bhw salah
satu Server IndosatNet msk dalam list ORBS).
Kenapa  SMTP Relay utk MDaemon tdk menggunakan SMTPnya ISP setempat saja
?

HS> Tadinya kami mencoba mengubah setting Exchange untuk Connection agar
HS> diberikan pada authenticated user/host.  Cara ini berhasil bila semua
HS> user diconfigurasikan untuk mengirimkan data username dan password
HS> pada mail client s/w mereka.  Namun saat kami coba dengan MDaemon
HS> dengan mengkonfigurasikan:
HS> - Use ESMTP Auth when sending mail to ISP Gateway
HS> - Use ESMTP Auth when sending dequeue signal to host
HS> Namun masih belum berhasil.

Maaf,  krn  flow  of  messagenya  belum jelas bagi saya, blm bisa kasih
komentar,  nanti  stl  klarifikasi  diatas  terjawab,  akan  saya  jawab
belakangan.

HS> Agar bisa berjalan, akhirnya saat ini Exchange kami masih Open Relay :(

HS> Mohon pencerahannya agar Exchange tidak Open Relay dan MDaemon dapat
HS> melakukan SMTP ke Exchange tsb :)

Kita  lihat  nanti  stl  saya  jelas koneksi antara MDaemon dan Exchange
Server, baik di kantor utama maupun ke 2 lokasi yg lain.

- Syafril -

#Opinion expressed are only mine#

Dibuat : Rabu 17 Januari 2001, 10:42:59 GMT +0700

Saya menggunakan MDaemon 4.0.0 beta D  di NT4 SP6a