Terima kasih atas effortnya untuk mendukung MDaemon (dan s/w lain) di
Indonesia, I really appreciate that.

> Maaf, perlu klarifikasi lebih lanjut.
> Kantor  Anda  ini  merupakan  kantor  utama ? Koneksi ke ISP menggunakan
> Lease  Line  ?  Konfigurasinya  apakah : Exchange ---MDaemon---ISP, atau
> MDaemon  hanya  running di 2 lokasi kantor yg lain ? Koneksi kantor lain
> ke Kantor utama melalui Internet atau melalui RAS ke Server kantor utama

Betul, kantor utama terkoneksi dengan Leased Line.  Jadi disini ada empat
lokasi, sbb:

1. Mail Server utama ditempatkan di ISP (Colocation)
   - Remote Access Server utama untuk Cabang 1 & 2 (Fixed IP)
2. Lokasi Utama: (Fixed IP)
   - Exchange Server (berfungsi sebagai SMTP alternatif)
   - MDaemon (SMTP all forward ke Exchange diatas dan MultiPop
     ke Mail Server utama untuk user di Lokasi Utama)
   - Remote Access Server cadangan untuk Cabang 1 & 2 (Fixed IP)
3. Lokasi Cabang 1:
   - MDaemon (SMTP dan MultiPop ke Mail Server utama)
4. Lokasi Cabang 2:
   - MDaemon (SMTP dan MultiPop ke Mail Server utama)

> Mrk Dial ke ISP lokal setempat ?

Bila Cabang 1 & 2 gagal connect ke RAS utama dan cadangan, maka mereka
akan connect ke ISP lokal; maklum kita berlokasi di Ungaran dimana
jalur telpon sangat buruk :(

> Apa errornya ?
> (saya  juga  mengaktifkan ORBS di MDaemon saya, jadi saya tahu bhw salah
> satu Server IndosatNet msk dalam list ORBS).
> Kenapa  SMTP Relay utk MDaemon tdk menggunakan SMTPnya ISP setempat saja
> ?

Errornya
550: Relaying is prohibited (bila Routing Restriction diaktifkan menurut
Technet)
505: Authentication required  (bila Connectionnya harus menggunakan
Authentication)

Pertimbangannya, SMTP ISP ndak ada AntiVirusnya :(

> Maaf,  krn  flow  of  messagenya  belum jelas bagi saya, blm bisa kasih
> komentar,  nanti  stl  klarifikasi  diatas  terjawab,  akan  saya  jawab
> belakangan.

Semoga lebih jelas atas klarifikasi saya :)  Terima kasih sebelumnya.

Salam,
Hian